MATERI DASAR TENTANG SISTEM KELISTRIKAN MOBIL

    Teknik otomotif juga terdapat sistem kelistrikan Terutama pada mobil, pada kendaraan sistem kelistrikan berkembang dengan pesat dibadingkan sistem yang lainnya. Sehingga banyak sistem kelistrikan menambah yakni bekerja dengan otomatis atau menggunakan sensor. Dimana setiap kendaraan mengalamai pengembangan dalam prioritas yang menjanjikan kedepannya.

    Jadi buat kalian yang saat ini sedang bekerja di dunia otomotif, perlu untuk mempelajari Materi Dasar Tentang Sistem Kelistrikan Mobil. Karena dimasa depan nanti sistem kelistrikan akan bekembang dan maju. Ini sudah dibuktikannya dengan berkembangnya sistem kelistrikan mobil saat ini.

    Dengan mempelajari Materi Dasar Tentang Sistem Kelistrikan Mobil kalian dapat menemukan keberadaan komponen kelistrikan, kerusakan dapat dianalisa, dan buku pentunjuk perbaikan yang menggunakan wering diagram dapat kalian baca dengan mudah.

    Sebelum kita jauh melangkah ke teknologi canggih yang ada pada kendaraan mobil, ada baiknya kalian mempelajari Materi Dasar Tentang Sistem Kelistrikan Mobil sebagai berikut :

    1    Rangkaian Kelistrikan

    Rangkaian Seri

    skema wiring diagram rangkaian seri
    gambar rangkaian seri  

     Rangkaian Pararel

    skema wiring diagran rangkaian pararel
    gambar rangkain pararel

    Rangkaian pararel sangatlah sering ditemukan pada sistem kelistrikan kendaraan. Dimana sumber dari tegangan listrik yang dihasilkan dapat dibagi rata pada setiap komponen kelistrikan. Selain itu kalian dapat menghemat listrik dengan menggunakan rangkaian pararel ini.

    Sistem Komponen Kelistrikan

    sistem komponen kelistrikan
    contoh simbol kelistrikan
    Simbol yang ada pada sistem kelistrikan berbeda-beda  terutama ada komponennya. Sehingga symbol ini bertujuan untuk memudahkan kita untuk menghafalkan rangkaian kelistrikan dimana juga ada pada buku manual perbaikan. Petunjuk pada setiap komponen menjadi symbol kelistrikan.

    Kode Soket

    contoh gambar kode socket
    contoh gambar kode socket

    Selain sistem kompenen kelistrikan yang ada diatas ada juga kode soket yang berbeda-beda. Kalian dapat melihat kode tersebut di buku manual perbaikan dimana setiap soket memiliki perbedaan.

    4Warna Kabel

    Kabel pada sistem kelistrikan terdapat banyak perbedaan mulai dari diameter dan warnanya. Tetapi jika kalian melihat di buku manual hanya warnanya saja yang tertulis bukan diameter. Dikarenaka diameter tidak pernah ada kode nya. Tujuan dari warna kabel yang berbeda-beda ini adalah ketika mekanik mengukur hubungan kabel lebih mudah untuk diperbaiki karna terdapat kode-kode di kabel tersebut.

    Soket Kabel
    Soket female ( betina ) dan soket male ( jantan ) ini merupakan jenis dari soket-soket pada sistem kelistrikan. Sehingga kedua jenis tersebut memiliki cara membaca nya yang berbeda-beda. Ketika kalian menemukan soket betina maka cara membacanya yakni dari kiri kearah kanan bawah.

    Sedangkan jika kalian bertemu dengan soket jantan maka cara membacanya adalah dari arah kanan atas lalu kebawah. Untuk memulai pembacaan soket harus diperhatikan kunci soket berada di atas.

    Tempat Fuse Box
    Fuse Box merupakan sebuah kotak skring yang sering ditempatkan di bagian depan kanan atau didalam kabil mobil. Jika kalian belum mengetahui tempat dimana fuse ini diletakkan, kalian dapat melihat buku petunjuk kendaraan, dimana setiap kendaraan menyimpan Fuse Box ini di tempat yang berbeda-beda.


    7.    Komponen Penghubung
    Bentuk dari komponen penghubung berbeda-beda tetapi semua komponen memiliki komponen yang sama yakni untuk menghubungkan kelistrikan dengan komponen-komponen tersebut.


         Jenis Fuse

    Warna yang ada di fuse tersebut memiliki arti yakni kapasitas sebuah arus mengalir. Sehingga kita dapat mengukur kapasitas menggunakan warna di fuse tersebut. Selain itu dibagian atas fuse terdapat sebuah angka.

           Circuit Breaker

    Fungsi dari fuse juga samas dengan fungsi dari Circuit Breaker ini. perbedaannya adalah ketika fuse mengalami putus maka kita perlu menggantinya tetapi berbeda dengan Circuit Breaker ini kita hanya menekan tombol yang ada dibagian atasnya.

    Demikian artikel yang berjudul tentang Materi Dasar Tentang Sistem Kelistrikan Mobil saya sampaikan dan semoga memberikan manfaat bagi kita semua. Sekian dan terima kasih

    LihatTutupKomentar