5 KELEBIHAN UTAMA ELCB DARI MCB | FUNGSI DAN CARA PASANG Earth Leakage Circuit Breaker

Daftar isi
  • Pengertian ELCB
  • Fungsi ELCB
  • Cara pasang ElCB
  • Kelebihan utama ELCB dari MCB
  1. sensitive mendeteksi panas pada penampang kabel
  2. peka apabila ada kejadian orang tersetrum
  3. otomatis memutus aliran listrik bila ada induksi pada peralatan elektronik
  4. Memudahkan control grouping instalasi listrik
  5. Menjaga keamanan property dan keselamatan mahluk hidup
  • kesimpulan

Pengertian ELCB

Jika membahas tentang listrik tentu saja yang  pertama ada di pikiran kita adalah tersetrum arus listrik. Untuk mencegah itu diperlukan alat pengaman yang memiliki fungsi mendeteksi kebocoran arus pada instalasi listrik.

Pemasangan alat pengaman listrik diperlukan untuk melindungi manusia dan peralatan-peralatan listrik lainnya dari berbagai kerusakan atau resiko bahaya yang di timbulkan oleh listrik.

Sama hal-nya dengan MCB, Alat pengaman listrik ELCB juga dipasang dengan tujuan mengamankan jaringan instalasi listrik rumah anda saat terjadi berbagai gangguan .

Secara umum pengertian ELCB adalah pengaman pada arus listrik sebelum di alirkan ke masing masing alat atau produk yang memerlukan listrik untuk beroperasi.

Fungsi ELCB

Dari penjelasan diatas kita telah ketahuai Fungsi ELCB adalah: suatu alat perangkat tambahan yang mampu mendeteksi tegangan kejut yang berlebihan seperti saat kita tersetrum, maupun mendeteksi kebocoran arus jaringan listrik dengan impedansi yang sangat tinggi.

cara pemasangan elcb pada rumah
cara pasang elcb

Cara pasang ELCB

Cara pemasangan ELCB juga tidak terlalu susah, anda hanya perlu memastikan pembagian gruping pada instalasi listrik anda sudah benar,karena ELCB tidak akan berfungsi bila salah satu dari kabel netral atau kabel fasa digunakan pada jalur instalasi yang tidak satu jalur grouping.

Setelah pembagian gruping sudah benar, anda dapat meletakan ELCB di dalam box  MCB rumah anda, ELCB beroperasi dengan 2 kabel IN dan 2 kabel OUT, Pada bagian IN, anda hanya perlu memasukkan kabel netral pada simbol minus (-), kabel fasa pada symbol (+), dan kabel grounding.

Setelah kabel IN terpasang, pada bagian out anda tinggal menyambungkan kabel listrik yang telah di pasang di rumah anda, cukup simple dan mudah.

Kelebihan utama ELCB dari MCB

Berbagai gangguan yang tidak disengaja maupun akibat faktor alam seperti sambaran petir dapat berakibat fatal pada system instalasi listrik, antara lain: kelebihan beban (overload) disaat pemakaian alat-alat listrik secara bersamaan, maupun kebocoran arus listrik dari alat-alat elektronik yang lembab atau rusak , dan kabel listrik yang terkelupas.

Berikut 5 kelebihan ELCB dibandingkan MCB:

1.Sangat sensitive mendeteksi panas pada penampang kabel

Lonjakan arus listrik dapat menyebabkan panas yang berlebih pada kabel. Panas akan membuat karet pelindung memuai (meleleh) sehingga memicu Short Circuit, atau biasa disebut dengan hubungan singkat korslet listrik.

Dengan tingkat kemampuan mendeteksi panas pada penampang kabel, hal ini sangat membantu mengurangi resiko kebakaran akibat korsleting listrik. Disaat panas pada penampang kabel sudah melebihi standar, secara otomatis listrik akan terputus .

Begitu juga apabila ada sambungan kabel yang tidak di conect dan di isolasi dengan benar, elcb akan akan memutus aliran listrik disaat sambungan mulai panas, sampai anda memperbaiki nya dengan benar.

2.sangat peka apabila ada kejadian orang tersetrum

Kesetrum listrik diartikan sebagai kebocoran arus listrik yang tidak di sengaja melewati bagian tubuh kita menuju bagian dari bumi, baik itu lantai, tembok atau benda yang mempu menghantar listrik.

Disaat ada bagian dari keluarga anda tampa sengaja tersetrum, ELCB akan secara otomatis bekerja memutus aliran listrik. Hal ini tentu sangat berguna, dan sangat di perlukan.

3.secara otomatis memutus aliran listrik bila ada induksi pada peralatan elektronik.

Anda pasti pernah mengalami disaat menyentuh alat elektronik merasakan aliran listrik dengan tegangan yang kecil, walaupun kecil dan tidak terlalu berpenagruh bagi orang dewasa, tidak demikian pada anak anak kecil, ini sungguh berbahaya dan bisa berakibat fatal.

Hal ini bisa terjadi karena jaringan listrik anda tidak di lengkapi oleh kabel arde (grounding), apabila anda mengunakan ELCB , maka anda dapat mengetahui dan melakukan perbaikan pada system instalasi listrik rumah anda.

4.Memudahkan control grouping instalasi listrik  

Sistem keamanan instalasi listrik akan tercipta disaat pembagian grouping dilakukan dengan benar, sehingga pembagian beban menjadi se imbang pada masing masing grouping.

Dengan mengunakan ELCB , anda tidak di perbolehkan asal menambahkan sambungan baru yang tidak satu grouping.

Contoh nya…saat anda membuat sambungan baru dengan menyambung kabel fasa(+) dari grouping 1 dan mengambil netral nya (-) dari grouping 2.ini tidak di perbolehkan bila memakai ELCB,tapi bila memakai MCB anda boleh melakukan nya.

5.Menjaga keamanan dan keselamatan property  

Kebocoran arus listrik ke objek lain dari factor alam, seperti kabel digigit tikus, kabel terkelupas dalam aquarium atau kabel mengenai atap/seng.

Berbagai gangguan listrik ini tentunya sangat berbahaya, yang memicu korsleting. Tentu hal ini dapat di antisipasi ,untuk mengantisipasi hal tersebut maka diperlukan ELCB untuk memberikan perlindungan saat terjadi berbagai gangguan listrik akibat faktor non teknis ini.

 Kesimpulan

Dari penjelasan di atas, pengunaan ELCB sangat di butuhkan demi menjaga keselamatan nyawa dan property berharga milik kita.

Apakah memasang MCB tidak memberikan perlindungan?

Sama sama sebagai pengaman, Tentu saja pemasangan MCB saja tidak cukup safety untuk menjaga nyawa dan property dari berbagai resiko dan gangguan listrik.

Perlu di ketahui MCB (Miniature Circuit Breaker), hanya sebuah alat pengaman listrik untuk memutuskan aliran arus listrik saat terjadi pemakaian listrik yang berlebihan, akibat korsleting (Hubungan singkat) ,atau ada nya sambaran petir.

Namun, saat kita tersentuh kabel (kesetrum), Lonjakan arus yang terjadi juga kecil sehingga MCB tidak dapat memberikan perlindungan. Berbeda dengan ELCB memiliki beberapa istilah, seperti Anti kontak, RCCB, GFCI.

semoga penjelasan di atas dapat membantu , dan kami sangat menantikan komentar dan pertanyaan seputar keluhan listrik dari sahabat pembaca blog ini. salam hormat.


LihatTutupKomentar