google.com, pub-4356088970782512, DIRECT, f08c47fec0942fa0 5 KELEBIHAN UTAMA ELCB DARI MCB | FUNGSI DAN CARA PASANG Earth Leakage Circuit Breaker
google.com, pub-4356088970782512, DIRECT, f08c47fec0942fa0

5 KELEBIHAN UTAMA ELCB DARI MCB | FUNGSI DAN CARA PASANG Earth Leakage Circuit Breaker

    Pengertian ELCB


    Jika membahas tentang listrik tentu saja yang  pertama ada di pikiran kita adalah tersetrum arus listrik. Untuk mencegah itu diperlukan alat pengaman yang memiliki fungsi mendeteksi kebocoran arus pada instalasi listrik.


    Pemasangan alat pengaman listrik diperlukan untuk melindungi manusia dan peralatan-peralatan listrik lainnya dari berbagai kerusakan atau resiko bahaya yang di timbulkan oleh listrik.


    Fungsi ELCB


    Sama hal-nya dengan MCB, Alat pengaman listrik ELCB juga dipasang dengan tujuan mengamankan jaringan instalasi listrik rumah anda saat terjadi berbagai gangguan.


    Secara umum pengertian ELCB adalah pengaman pada arus listrik sebelum di alirkan ke masing masing alat atau produk yang memerlukan listrik untuk beroperasi.


    CARA PASANG ELCB
    cara pasang elcb

    Fungsi ELCB


    Dari penjelasan diatas, telah ketahuai Fungsi ELCB adalah: suatu alat perangkat tambahan yang mampu mendeteksi tegangan kejut yang berlebihan seperti saat kita tersetrum, maupun mendeteksi kebocoran arus jaringan listrik dengan impedansi yang sangat tinggi.


    fungsi elcb
    cara pasang elcb

    Cara Memilih Elcb yang Bagus

    Sebagai anti kontak,pilihan yang terbaik harus memiliki nilai sensitifitas lebih kecil atau sama dengan 30 mA (< 30 mA) sebagai pengaman manusia dari bahaya sengatan listrik atau kesetrum.

    Pada dasar nya (ELCB,GFCI,RCD) di produksi dalam berbagai tipe agae sesuai dengan fungsi dan kebutuhan,berkut  beberapa Tipe ELCB:

    • Elcb Tipe AC : Anti kontak ini dipakai untuk listrik AC (Arus bolak balik) yang biasa kita gunakan sehari-hari di rumah.dipakai untuk perlengkapan listrik ( tidak untuk alat elektronik)
    • Elcb Tipe A :digunakan Untuk listrik arus AC dan DC pulsating,di gunakan di berbagai  alat listrik dan electronik
    • Elcb Tipe B & Ftipe ini digunakan untuk Listrik AC (Arus bolak-balik) dan DC (arus searah) tipe dapat ditemukan berbagai Alat listrik, elektronik, Inverter, computed tomography

    Memilih ELCB dari nilai sensitifitasnya

    • ELCB/GFCI dengan Sensitif tinggi (High sensitivity) 6mA – 30mA ,elcb tipe ini di produksi untuk proteksi hubungan langsung dan bahaya keselamatan Manusia
    • ELCB/GFCI dengan Sensitif sedang (Mid-Sensitivity) 100mA – 1000mAdigunakan untuk proteksi benda-benda terhadap bahaya kebakaran
    • ELCB/GFCI dengan sensitif rendah (Low sensitivity) 3A – 30A digunakan untuk perlindungan kerusakan terhadap alat-alat listrik

    Memilih ELCB sesuai dengan type waktu operasi (Operating Times)


    Fast type (Instantaneous Type) ELCB/GFCI type ini memiliki respon kerja yang sangat cepat yaitu kurang dari 0,1 detik saat terdeteksi adanya kebocoran.ELCB dengan tipe inilah yang dipakai untuk proteksi keselamatan manusia dan kebakaran.


    Delay Type ELCB dengan tipe ini butuh waktu bebrapa saat untu bekerja memutuskan rangkaian listrik.Biasanya digunakan untuk perlindungan nilai tertentu. Power distribusi pada umumnya memakai pengaman jenis ini.contohnya peralatan listrik dan mesin-mesin yang menggunakan listrik.

    Cara pasang ELCB


    Cara pemasangan ELCB juga tidak terlalu rumit, Kita hanya perlu memastikan pembagian jalur instalasi listrik sudah benar,karena ELCB tidak akan berfungsi bila salah satu dari kabel netral atau kabel fasa digunakan pada jalur instalasi yang tidak satu jalur grouping.



    Setelah pembagian gruping sudah benar, anda dapat meletakan ELCB di dalam box  MCB rumah anda, ELCB beroperasi dengan 2 kabel IN dan 2 kabel OUT, Pada bagian IN, anda hanya perlu memasukkan kabel netral pada simbol minus (-), kabel fasa pada symbol (+), dan kabel grounding.

    Setelah kabel IN terpasang, pada bagian out anda tinggal menyambungkan kabel listrik yang telah di pasang di rumah anda, cukup simple dan mudah.


    5 kelebihan ELCB dibandingkan MCB


    Berbagai gangguan yang tidak disengaja maupun akibat faktor alam seperti sambaran petir dapat berakibat fatal pada system instalasi listrik, antara lain:

    kelebihan beban (overload) disaat pemakaian alat-alat listrik secara bersamaan, maupun kebocoran arus listrik dari alat-alat elektronik yang lembab atau rusak , dan kabel listrik yang terkelupas.


    1.Sangat sensitive mendeteksi panas pada penampang kabel


    Lonjakan arus listrik dapat menyebabkan panas yang berlebih pada kabel. Panas akan membuat karet pelindung memuai (meleleh) sehingga memicu Short Circuit, atau biasa disebut dengan hubungan singkat korslet listrik.


    Dengan tingkat kemampuan mendeteksi panas pada penampang kabel, hal ini sangat membantu mengurangi resiko kebakaran akibat korsleting listrik. Disaat panas pada penampang kabel sudah melebihi standar, secara otomatis listrik akan terputus .


    Begitu juga apabila ada sambungan kabel yang tidak tersambung dengan baik dan dibungkus isolasi  tidak standar, disinilah peranan penting elcb digunakan secara otomatis memutus aliran listrik disaat suhu sambungan kabel mulai panas.

    2.sangat peka apabila ada kejadian orang tersetrum


    Kesetrum listrik diartikan sebagai kebocoran arus listrik yang tidak di sengaja melewati bagian tubuh kita menuju bumi, seperti lantai, tembok atau benda yang mempu menghantar listrik.


    Disaat ada bagian dari keluarga anda tampa sengaja tersetrum, ELCB akan secara otomatis bekerja memutus aliran listrik. Hal ini tentu sangat berguna, dan sangat di perlukan

    3.secara otomatis memutus aliran listrik bila ada induksi pada peralatan elektronik.

    Anda pasti pernah mengalami disaat menyentuh alat elektronik merasakan aliran listrik dengan tegangan yang kecil, walaupun kecil dan tidak terlalu berpenagruh bagi orang dewasa, tidak demikian pada anak anak kecil, ini sungguh berbahaya dan bisa berakibat fatal.


    Hal ini bisa terjadi karena jaringan listrik anda tidak di lengkapi oleh kabel arde (grounding), apabila anda mengunakan ELCB , maka anda dapat mengetahui dan melakukan perbaikan pada system instalasi listrik rumah anda.


    4.Memudahkan control grouping instalasi listrik  


    Sistem keamanan instalasi listrik akan tercipta disaat pembagian grouping dilakukan dengan benar, sehingga pembagian beban menjadi se imbang pada masing masing grouping.

    Dengan mengunakan ELCB , anda tidak di perbolehkan asal menambahkan sambungan baru yang tidak satu grouping.

    Contoh…saat membuat sambungan baru dengan menyambung kabel fasa(+) dari grouping 1 dan mengambil netral nya (-) dari grouping 2.ini tidak di perbolehkan bila memakai ELCB,tapi bila memakai MCB anda boleh melakukan nya.


    5.Menjaga keamanan dan keselamatan property


    Kebocoran arus listrik ke objek lain dari factor alam, seperti kabel digigit tikus, kabel terkelupas dalam aquarium atau kabel mengenai atap/seng.


    Berbagai gangguan listrik ini tentunya sangat berbahaya, yang memicu korsleting. Tentu hal ini dapat di antisipasi ,untuk mengantisipasi hal tersebut maka diperlukan ELCB untuk memberikan perlindungan saat terjadi berbagai gangguan listrik akibat faktor non teknis ini.


     Kesimpulan

    Dari penjelasan di atas, pengunaan ELCB sangat di butuhkan demi menjaga keselamatan nyawa dan property berharga milik kita.

    Apakah memasang MCB tidak memberikan perlindungan?


    Sama sama sebagai pengaman, Tentu saja pemasangan MCB saja tidak cukup safety untuk menjaga nyawa dan property dari berbagai resiko dan gangguan listrik.


    Perlu di ketahui MCB (Miniature Circuit Breaker), hanya sebuah alat pengaman listrik untuk memutuskan aliran arus listrik saat terjadi pemakaian listrik yang berlebihan, akibat korsleting (Hubungan singkat) ,atau ada nya sambaran petir.


    Namun, saat kita tersentuh kabel (kesetrum), Lonjakan arus yang terjadi juga kecil sehingga MCB tidak dapat memberikan perlindungan. Berbeda dengan ELCB memiliki beberapa istilah, seperti Anti kontak, RCCB, GFCI.


    Merek Elcb yang bagus


    Saat ini sangat mudah untuk membeli elcb dipasaran maupun di online market place,bagi nada yang ingin membeli produk elcb terbaik,berikut beberapa merek elcb yang bagus dan mudah didapat di pasaran

    1. Schneider Electric tipe Domae dengan sensitivitas 2 Pole 30mA 25 A
    2. ABB ELCB/RCCB 2P 25A 30mA FH202 2CSF202006R1250 
    3. CHINT NXBLE-32 RCBO 1P+N 6A 30MA - 32A
    4. SINTE (HIMEL) ELCB RCCB (1P+N) 2P 30mA

    semoga penjelasan di atas dapat membantu , dan kami sangat menantikan komentar dan pertanyaan seputar keluhan listrik dari sahabat pembaca blog ini. salam hormat.


    LihatTutupKomentar