JENIS JENIS PIPA LISTRIK | PELINDUNG KABEL DALAM SISTEM INSTALASI LISTRIK

 Apakah yang dimaksud dengan pelindung kabel.?

Kabel kabel yang beredar dipasaran memang sudah memenuhi standar sni dan standar akli (asosiasi kontraktor listrik dan mekanikal indonesia), sudah cukup aman digunakan.tapi perlu diketahui bahwa listrik sangat berbahaya bagi mahluk hidup.oleh sebab itu perlu pelindung kabel yang super extra, contoh ya pipa listrik.flexsible dan lain nya termasuk pelindung kabel.


pelindung kabel pada sistem instalsi listrik
sistem instalasi pada industri
Jadi yang dimaksud dengan pelindung kabel adalah suatu alat atau barang yang berbentuk fisik,yang berfungsi melindungi kebocoran arus listrik dari pelindung utama kabel tersebut pada kabel instalasi.

Contoh kabel tampa pelindung

Mungkin bagi sebagian besar masyarakat umum,sudah terbiasa menggunakan kabel kabel listrik yang hanya menggunakan pelindung standar dari perusahaan,seperti kabel roll (kabel sambung temporary).


Namun perlu diketahui pemakain kabel roll hanya untuk sementara,yaitu digunakan hanya untuk melakukan pekerjaan yang membutuhkan listrik sebagai alat bantu.dan penggunaan kabel nya harus sesuai dengan aturan keselamatan sefety.

jenis kabel ini bukan di rancang untuk sistem instalasi permanent, seperti kebanyakan rumah rumah sekarang kita dapat dengan mudah melihat pengunaan kabel roll untuk instalisi permanet.


Jenis pipa yang umum dipakai untuk sistem instalasi listrik

Jenis pipa listrik pada instalasi rumah

Kebutuhan listrik pada rumah tangga di saat ini menjadi sangat krusial.sebab hampir 80% alat-alat  bantu yang digunakan mengunakan listrik.

Seperti kita ketahui listrik yang awal nya hanya untuk sistem penerangan, kini telah berubah menjadi kebutuhan vital,seperti rice cooker untuk menanak nasi, dipenser untuk pemanas air dan mendinginkan air minum, kompor listrik untuk memasak dan water pump (pompa air dengan motor listrik, sampai ac (air conditioner) maupun kipas angin untuk menyegarkan ruangan.

seni design listrik 

Karena begitu besar ketergantungan manusia akan kebutuhan listrik, sebab itu perlu tingkat keamanan instalasi agar tidak mudah terjadi korsleting listrik, jadi pemakain pipa pelindung kabel listrik sangat disaran kan,berikut berapa contoh pipa untuk instalasi rumah tinggal

1.            Pipa pvc 5/8 inch

Pipa pvc (polyvinyl chloride) adalah pipa dengan bahan material thermoplastic,karena berbahan pvc tipe c maka pipa ini termasuk pipa paling tipis dan tidak dapat di bending/atau di tekuk sesuai sudut yang di inginan. Dan penggunaan pipa pvc 5/8 inchi disarankan di tanam di dalam dinding dan bukan untuk expose piping.

2.            Pipa conduit

Pipa conduit adalah pipa pvc yang berjenis high impact (bisa dibending/tekuk). Memiliki panjang 3 meter perbatangnya dan tersedia berbagai ukuran mulai dari 20 mm -32 mm .

Jenis pipa conduit (electrical conduit pipe) adalah rekomendasi untuk pelindung kabel rumah tangga.selain di tanam di dalam dinding piping dengan pipa ini juga dapat secara expose untuk menambah seni design ruangan anda.

Jenis pipa listrik pada sistem instalsi industri

Berbagai macam jenis  industri mulai memproduksi alat kesehatan, obat obatan , makanan, garment,alat rumah tangga dan sampai alat industri berat,semua nya mengunakan listrik dengan kapasitas yang sangat besar, mulai dari tegangan rendah 220 -380 volt .


Untuk memastikan keselamatan pekerja dari ter setrum listrik dan menjaga agar agar kabel tidak mudah rusak, maka di setiap industri wajib mengunakan standar instalasi yang lebih ketat.oleh sebab itu pengunaan pipa pelindung kabel listrik pada industri juga berbeda, berikut contoh pelindung kabel pada industry.

1.pipa galvanis

Pipa galvanis merupakan pipa berbahan dasar besi yang dibuat dengan proses galvanisasi. Pada dasar nya  proses pembuatan pipa galvanis  dengan mencampurkan zat anti karat pada bagian luar pipa sehingga tidak akan terjadi korosi atau pengkaratan disaat pengunaan nya.

Industri garment, pabrik alat rumah tangga atau pabrik alat alat berat sangat banyak mengunakan pipa ini sebagai pipa pelindung kabel listrik dalam sistem instalasi.

2.stainless steel conduit

Industri yang bergerak di bidang produksi kesehatan, obat dan makanan yang mengharus kan sterilisasi dan kebersihan yang sangat tinggi juga menggunakan peralatan dan mesin mesin modern yang di gerakan oleh listrik.


Karena menggaruskan kebersihan dan starilisasi yang baik, industri yang bergerak di bidang kesehatan,obat dan makanan selalu menggunakan pipa pelindung kabel listrik  dengan tipe conduit stainless stell. Dimana pipa ini mudah di bersihkan dan anti karat serta lebih tahan terhadap berbagai reaksi kimia yang dihasilkan dari pabrik tersebut.


3.kabel tray

Bagi kalangan masyarakat umum,kabel tray mungkin masih terdengar aneh dan bertanya tanya bagaimana bentuk nya, gambaran  kabel tray adalah seperti dibawah ini

design kabel tray pada industri
instalasi kabel tray pada industri

Penggunaan kabel tray sangat umum di pabrik pabrik, karena lebih mudah dalam proses pemasangan ya dan terlihat rapi saat di pasang di langit ruangan atau diatas mesin mesin , dan dapat menampung jumlah kabel yang lebih banyak.


Jenis pipa listrik pada sistem instalasi bangunan bertingkat (building )

Di zaman sekarang, bangunan bertingkat sudah semakin modern karena kita sudah terbiasa melihat bagaimana mall dan apertemen atau perkantoran menyatu dalam dalam satu Gedung.


Dengan semakin banyaknya jumlah orang dalam satu Gedung, hal ini juga menuntut para pelaku kontruksi harus memiliki  banyak system instalasi listrik yang digunakan,, tentu saja semakin menambah kerumitan pada design instalsi listrik nya.


Tentu saja Gedung Gedung modern tidak hanya berlomba manawarkan design dan tampilan megah mereka, disamping itu mereka juga menawarkan kecanggihan system untuk tingkat keselamatan bagi para pembeli atau pengguhinya.


Oleh sebab itu penggunaan pipa pelindung kabel listrik sangat di perhatikan, berikut jenis pipa pelindung listrik pada system bangunan modern

1. Pipa conduit

Pemakaian pipa conduit 20 mm menjadi salah satu standar untuk sistem instalasi listrik gudung bertingkat, selain ditanam di dalam tembok, juga dapat di piping secara expose guna menambah seni dan keunikan Gedung tersebut,


Karena umum Gedung modern sudah sangat komplit dalam menyediakan kebutuhan umum termasuk ruang food Court , contoh nya ruang café sangat cocok dengan design piping expose seperti gambar dibawah ini.

design sistem piping conduit expose
piping conduit expose

2.  Pipa galvanis

Semakin canggih dan modern sebuah Gedung , semakin banyak juga jenis mesin mesin yang digunakan, diantara nya genset , chille, mesin pompa air, dimana semua itu pengunaan dengan jumlah kapasitas besar.


Untuk mengoperasikan mesin mesin tersebut, membutuhkan masing masing ruangan khusus dengan area yang luas dan dengan system canggih.


Untuk itu pipa listrik jenis galvanis adalah yang paling sering digunakan sebagai pelindung tambahan kabel, karena hampir semua material pendukung operasional mesin mesin tersebut berbahan dasar besi.


3. Conduit stainless stell

pemakaian conduit stainless stell pada Gedung modern dapat kita temukan di area area dapur Restoran maupun hotel, dimana di area ini sangat banyak pemakaian minyak minyak sayur maupun minyak dari lemak yang keluar dari masakan.


Oleh karena faktor tersebut, demi menjaga agar kabel tidak mudah rusak terkena minyak dan pipa listrik ya tidak mudah berkarat, maka pipa jenis conduit stainless stell menjadi pilihan utama, dimana area ini juga harus di tuntut tetap bersih, dan untuk maintenance pipa ini juga sangat mudah ,hanya dengan kain perca atau kain lap sudah cukup.


4.kabel duct

Istilah Kabel duct pasti hanya familiar dikalangan orang orang  tehnik saja,tentu saja hal ini wajar, karena kabel duct kebanyakan dipakai di ruang peyimpanan software maupun ruangan yang dipenuhi computer.

gambar design penempatan kabel duct pada meja komputer
penempatan kabel duct pada meja

Di area perkantoran, kabel duct juga sangat mudah di temukan. Pemasangan instalasi kabel data maupun kabel telefhon di setiap meja kerja kebanyakan mengunakan pelindung kabel jenis ini, karena lebih kecil dan mudah di rekatkan pada meja kerja hanya dengan double tape 3M.


Dari beberapa penjelasan diatas sudah sangat jelas bahwa instalasi yang baik dan benar akan mengurangi tingkat resiko korsleting pada instalasi.


dan artikel ini akan akan di update terus secara berkala..terima kasih ,saran dan komentar di tunggu ya..salam KTL.

LihatTutupKomentar