PERBEDAAN ANTARA LISTRIK DINAMIS DAN STATIS

Kita semua tahu mengenai listrik karena kita tahu fungsinya sebagai suatu energi untuk menghasilkan suatu tenaga yang mampu menyalakan lampu, kipas angin, AC, lemari es, dan banyak peralatan rumah lainnya.

listrik merupakan suatu jenis energi yang memiliki kemampuan untuk membuat peralatan berjalan sesuai dengan fungsinya masing-masing.

Mengenal Listrik Statis dan Listrik Dinamis
STATIS DAN DINAMIS
Kita tidak bisa melihat listrik tetapi efeknya yang mampu terlihat, didengar, dicium bahkan bisa disentuh contohnya saja seperti saat sesorang terkena setruman dari sebuah listrik. faktanya kelistrikan dapat dijelaskan dengan mudah melalui teori elektron.

listrik dinamis dan listrik statis Listrik merupakan 2 jenis dari sebuah listrik. terdapat berbagai macam perbedaan yang ada pada kedua jenis listrik tersebut yang akan dibahas di dalam artikel kali ini.

Semua materi listrik merupakan suatu terdiri dari atom yang mengandung jumlah neutron dan proton yang sama dalam nukleusnya dan elektron yang berputar di luar nukleus dalam orbitnya.

pada konidisi yang normal, proton atau "muatan positif" menyeimbangkan elektron atau "muatan negatif" karena jumlahnya yang sama. akan tetapi, beberapa atom mampu menarik elektron sementara sehingga terjadi hilangnya `elektronnya.

hal ini dikenal sebagai aliran elektron. Elektron di orbit terluar atom yang sifatnya fleksibel "kurang kuat tertarik ke proton dalam inti" dan oleh karena itu mengapa elektron bebas. Elektron nantinya akan dibebaskan dari atom dan akhirnya aliran elektron akan menghasilkan sebuah arus listrik.

sesuai dengan kemampuannya untuk kehilangan atau mendapatkan suatu elektron, zat dijelaskan sebagai konduktor, isolator, dan semi konduktor. Sedangkan logam sendiri merupakan konduktor, kaca, kayu, karet merupakan isolator.

Mengenal Listrik Statis dan Listrik Dinamis

  Listrik Statis

Listrik statis merupakan rangkaian listrik yang terjadi yang memiliki gejala kelistrikan yang tidak bergerka atau mengalir. listrik statis tidak akan bergerak dari satu tempat ke tempat lainya.

listrik statis hanya berdiam pada tempatnya terjadi dan hanya sekejap saja, listrik statis merupakan penemuan pertama yang ditemukan oleh para ilmuan. bermula dari peneuan listrik ststis sampai dengan listrik seperti sekarang ini.

yang mulanya menemukan listrik sederhana ini lalu dikembangkan sehingga mampu menghasilkan penemuan baru yang membuat listrik menjadi bermanfaat bagi khidupan manusia di bumi.

Listrik statis merupakan kejadian atau fenomena isolator. pada saat dua isolator seperti rambut dan penggaris plastik saling bergesekan, keduanya menjadi bermuatan listrik. Ketika seseorang kehilangan beberapa elektron, yang lain mendapatkan beberapa elektron.

Hal ini terlihat saat rambut mampu menempel di dinding sedangkan penggaris memiliki kemampuan untuk menarik potongan kertas kecil.

Zat yang melepaskan elektron berubah menjadi bermuatan positif dan zat yang mendapatkan aelektron menjadi bermuatan negatif.

Muatan ini tidak bergerak dan tetap berada di permukaan zat. Karena tidak ada aliran elektron, ini disebut listrik statis.

Di sisi lain, ketika elektron dibebaskan dari suatu zat dan dibuat mengalir dalam suatu bahan, ia menghasilkan listrik dinamis dan merupakan jenis yang kita kenal.

Jika elektron mengalir secara searah, arus yang dihasilkan disebut arus searah (DC) "misalnya arus yang dihasilkan pada aki mobil Anda". Jika elektron berubah arah secara terus menerus dari positif ke negatif, listrik yang dihasilkan disebut adalah arus bolak-balik (AC).

untuk contoh dari listrik statis ini sendiri bisa kita lihat pada saat menggosokan kaca di kain sutra, dengan digosokanya kaca ke kain sutra akan menghasilkan reaksi berupa tarik menarik antara kain dan kaca.

lalu anda bisa menguji coba adanya listrik statis ini dengan melakukan percobaan menggunakan penggaris plastik yang digosokan ke rambut lalu tempelkan ke robekan kecil kertas, maka yang terjadi penggaris dan kertas akan menempel karena saling tarik menarik.

 Listrik Dinamis

listrik dinamis sendiri merupakan listrik yang mampu bergerak dan mengalir pada rangkain listrik. listrik dinamis ini merupakan listrik yang bermuatan listrik yang mana melewati kawat penghantar dalam satuan waktu.

lalu untuk arahnya sendiri memiliki arah yang sama dengan arah gerak pada muatan positif serta jumlah keseluruhan dari listrik yang mengalir per waktunya. sebagai contohnya sebuah mobil mainan yang mampu bergerak

karena apa mobil tersebut mampu bergerak? jawabanya adalah  karrena mobil mainan tersebut menggunakan sebuah batu yang merupakan sebuah motor sehingga mainan tersebut mampu bergerak.

putaran dari roda mobilnya merupakan hasil dari batu yang menghasilkan muatan sehingga roda dapat berputar, ketika saklar di on ,dan akhirnya kedua ujung dari batu baterai mampu terhubung dengan motor listrik, dan mobil mampu bergerak.

jika saklar di off kan maka mobil tidak akan bisa bergerak karena tidak terjadinya hubungan antara batu baterai dengan motor.

adapun contoh lainya darii listrik dinamis seperti telivisi, komputer, raket nyamuk, kipas angin, kulkas, ac, dan masih banyak lagi

dari contoh-contoh peralatan tersebut dapat berfungsi dengan baik krena adanya muatan listrik yang terjadi, jika listrik mati maka perlatan tersebut tidak akan bisa befungsi dengan baik.

Perbedaan Antara Listrik Statis Dan Dinamis

1. listrik dinamis merupakan suatu listrik yang terjadi dan bisa bergerak serta mengalir dari satu tempat ke tempat lainya, sedangkan listrik statis tidak bisa bergerak dan mengalir dari satu tempat ke tempat lainya.

2. Arus yang mengalir atau berpindahan suatu elektron pada listrik dinamis terjadi secara terus menerus berbeda dengan elektron pada listrik statis yang diam.

hal ini terjadi karena pada listrik ststis sendiri terjadi karena adanya suatu gesekan berbeda dengan listrik dinamis yang terjadi karena adanya elektron dari konduktor begitu mudah untuk berpindah.

3. pada listrik ststis sulit untuk diukur dari arus listriknya, tegangannya, serta daya dari listrik statis. berbeda dengan listrik dinamis yang bisa diketahui besar daya yang dimiliki, arus listrik , serta tegangan pada listrik dinamis.

4. listrik dinamis bisa mengalir di dalam suatu rangkaian listrik, berbeda dengan listrik statis yang tidak mampu mengalirkan ke dalam suatu rangkaian.

5. listrik dinamis terjadi karena adanya sumber listrik atau pembangkit listrik yang menghasilkan suatu listrik, berbeda dengan listrik statis yang terjadi karena adanya gesekan anatar 2 benda

6. muatan listrik yang terjadi pada listrik dinamis mampu diatur dengan sedemikan rupa sesuai dengan kebutuhan anda, berbeda dengan listrik statis yang hanya mampu melepaskan muatan listrik secara sementara

nah jadi itu dia tadi pembahasan mengenai perbedaan-perbedan pada listrik statis dan listrik dinamis.

kesimpulanya adalah listrik dinamis ada karena pada mulainya ditemukanya listrik statis, listrik dinamis memiliki arus yang mampu bergerak dan mengalir ke satu tempat ke tempat lainya, dan listrik statis hanya diam tidak bisa bergerak

sekian pembahsan mengenai perbedaan antara listrik statis dan listrik dinamis, semoga bermenfaat dan membuat anda lebih berwawasan dan berpengetahuan
LihatTutupKomentar