google.com, pub-4356088970782512, DIRECT, f08c47fec0942fa0 Penjelasan apa yang dimaksud Baterai VRLA
google.com, pub-4356088970782512, DIRECT, f08c47fec0942fa0

Penjelasan apa yang dimaksud Baterai VRLA

    Pengertian vrla pada baterai


    VRLA adalah singkatan dari Valve Regulated Lead Acid,sering disebut juga sebagai baterai asam timbal atau SLA yang disegel. Baterai vrla dibuat dengan menggunakan elektrolit dalam jumlah terbatas yang diserap dalam pemisah pelat atau dibentuk menjadi gel.


    Terdapat proporsi pelat negatif dan positif sehingga oksigen digabungkan kembali di dalam sel, dengan katup pelepas yang menahan isi baterai terlepas dari posisi sel.

    Baterai VRLA


    Baterai VRLA adalah desain daya cadangan yang paling populer karena elektrolitnya tertahan, mencegahnya tumpah bahkan ketika casingnya bocor. Baterai VRLA dianggap "bebas perawatan" dan tidak memerlukan penambahan elektrolit atau air.


    Jenis baterai VRLA yang disegel termasuk sel telekomunikasi akses depan serta baterai pengganti UPS tingkat tinggi untuk Liebert, MGE, dan Powerware. SLA tujuan umum juga diproduksi untuk penerangan darurat dan aplikasi lainnya.

    Jenis JENIS BATERAI VRLA? : Gel Cell dan Absorbed Glass Mat (AGM)

    Baterai Sel Gel mengandung elektrolit seperti jeli yang tidak bergerak di mana asam sulfat dicampur dengan silika berasap (pirogenik) yang dianggap sebagai zat pengental. Baterai Sel terutama digunakan di kursi roda listrik, baterai mobilitas medis, baterai motor trolling, dan baterai siklus dalam RV.


    Sedangkan Absorbed Glass Mat Battery (AGM) adalah jenis baterai di mana asam diserap dan diimobilisasi di antara pelat oleh tikar fiberglass yang sangat tipis.


    Pengembangan total membuat asam segera dapat diakses ke pelat dan memungkinkan reaksi cepat antara asam dan bahan pelat.


    Pelat dalam Baterai AGM mungkin dalam bentuk apa pun yang membuat strukturnya benar-benar dapat disesuaikan.


    Baterai AGM memiliki kelebihan dari hambatan listrik di dalam yang sangat rendah dan perkembangan korosif yang lebih cepat antara serat dan pelat yang memungkinkan Baterai AGM memberi dan mengambil kecepatan arus listrik yang lebih tinggi bila dibandingkan dengan baterai tetap lainnya selama siklus pengisian.


    Baterai AGM, yang merupakan kependekan dari alas kaca yang diserap, menampilkan jaring fiberglass di antara pelat baterai yang berisi elektrolit.


    Baterai AGM  Penggunaan umum yang sering ditemukan di banyak peralatan seperti baterai RV, baterai perahu, baterai sepeda motor, baterai ATV, dan baterai UPS & Telecom untuk generator.

    Keunggulan Baterai AGM

    • Anti tumpah melalui enkapsulasi asam dalam teknologi anyaman
    • Daya spesifik tinggi, resistansi internal rendah
    • Pengisian cepat hingga 5 kali
    • Siklus hidup yang lebih baik dibandingkan dengan sistem yang tergenang
    • Retensi air
    • Tahan getaran karena konstruksi sandwich
    • Tahan terhadap suhu dingin

    Kekurangan Baterai AGM

    1. Biaya produksi lebih tinggi daripada Baterai yang kebanjiran
    2. Energi spesifik rendah
    3. Harus disimpan dalam kondisi terisi daya

    Terdapat tiga jenis utama baterai VRLA, sel basah yang diatur katup tertutup, AGM dan gel. Sel gel menambahkan debu silika ke elektrolit, membentuk gel tebal. Ini kadang-kadang dapat disebut sebagai baterai silikon.

    Baterai AGM merupakan baterai yang cocok dan ideal untuk sepeda dan ATV. AGM siklus-dalam juga biasanya digunakan di pembangkit listrik tenaga surya dan angin off-grid sebagai bank hemat energi dan dalam lingkup yang sangat luas,

    BERAPA LAMA Daya tahan BATERAI VRLA 

    Cukup lama! Baterai gel asam timbal pertama ditemukan oleh Elektrotechnische Fabrik Sonneberg pada tahun 1934. Versi yang lebih modern, lebih dekat dengan apa yang terlihat saat ini, ditemukan oleh Otto Jache dari Sonnenschein pada tahun 1957. Sel AGM pertama dipatenkan oleh Gates Rubber Corporation pada tahun 1972.

     

    cara PEMELIHARAAN BATERAI VRLA

    Dibandingkan dengan baterai asam timbal tradisional yang harus mengsisi ulang air baterai, seperti yang sering terlihat digunakan di forklift dan truk palet, Perawatan baterai vrla tidak memerlukan pemantauan atau penyiraman vrla dengan cara yang sama seperti baterai non-vrla.

    Tetapi itu tidak berarti Anda dapat mengabaikannya. mereka harus selalu dijaga kebersihannya, menggunakan pembersih industri dan degreaser untuk menjaga konektor dan terminal bebas dari elemen korosif. Mereka harus diperiksa secara berkala untuk pengisian dan fungsionalitas agar tetap berfungsi dengan benar.


    Daya tahan BATERAI VRLA

    Baterai VRLA biasanya tersedia dengan masa pakai desain mulai dari 3 hingga 10 tahun, tetapi seperti semua baterai asam timbal, masa pakai maksimumnya bergantung pada seberapa baik Anda merawatnya.

    Penyebab terbesar kerusakan baterai VRLA adalah over-discharge. Jika Anda meninggalkan baterai VLRA, dalam bentuk apa pun, dalam kondisi habis secara kronis, maka hidrasi terjadi.

    Hidrasi adalah ketika senyawa timbal dan timbal dari pelat larut dalam air sel yang dibuang dan membentuk hidrat timbal, yang kemudian diendapkan pada pemisah. Ketika sel diisi ulang, beberapa korsleting internal terjadi antara pelat positif dan negatif.


    Setelah hidrasi terbukti, sel rusak secara permanen. Anda tidak dapat melihat apakah hidrasi telah terjadi karena wadahnya tidak tembus pandang dan hidrasi dapat terjadi hanya setelah satu peristiwa pelepasan berlebih yang besar.peringatan tegangan rendah yang memberikan peringatan visual dan suara ketika baterai VRLA akan habis secara kritis.

     

    keunggulan BATERAI VRLA DARIPADA BATERAI ASAM FLOODED LEAD ACID BATTERIES

    Agar baterai vrla awet, semua tergantung pada jenis penggunaan nya, terkadang hal ini menjadi pro dan kontra untuk berbagai jenis baterai asam timbal. Baterai AGM dan gel VRLA:

    • Memiliki waktu pengisian ulang yang lebih singkat daripada baterai timbal-asam yang kebanjiran.
    • Debit gas hidrogen secara signifikan lebih sedikit.
    • Baterai AGM secara alami, lebih aman bagi lingkungan, dan lebih aman untuk digunakan.
    • Dapat digunakan atau diposisikan dalam orientasi apa pun.
    • Relatif bebas perawatan tanpa pemantauan vrla.

    Kekurangan baterai vrla

    • Tidak dapat mentolerir pengisian yang berlebihan: pengisian yang berlebihan menyebabkan kegagalan prematur.
    • Memiliki masa pakai yang lebih pendek, dibandingkan dengan baterai sel basah yang dirawat dengan baik.
    • Memiliki kepadatan energi yang lebih rendah.
    • Biaya lebih dari  tinggi dari Flooded lead-acid batteries.

    Jadi, baterai VRLA singkatnya. Sumber daya yang praktis ini memiliki dampak besar di banyak aplikasi yang berbeda, dari industri hingga rekreasi. Jika mereka dirawat dengan benar dan dilindungi dari pelepasan berlebih , mereka adalah salah satu metode penyimpanan energi yang paling andal dan hemat biaya yang tersedia di pasaran saat ini.

    LihatTutupKomentar