google.com, pub-4356088970782512, DIRECT, f08c47fec0942fa0 Cara Memilih Sistem Penangkal Petir terbaik
google.com, pub-4356088970782512, DIRECT, f08c47fec0942fa0

Cara Memilih Sistem Penangkal Petir terbaik

    Memilih Sistem Proteksi Penangkal Petir untuk safety property gedung


    Dari sekian banyak riset sistem penangkal petir'maka rekomendasi untuk sistem proteksi petir (LPS) adalah Standar NFPA 780,untuk Instalasi Sistem Proteksi Petir dan Persyaratan Instalasi UL96A untuk Sistem Proteksi Petir.


    Sistem Penangkal Petir

    IEEE juga telah mengembangkan standar dan pedoman, serta beberapa entitas lain termasuk DOE dan FAA untuk aplikasi khusus.Sebagian besar aplikasi yang kita lihat di Amerika Serikat di mana spesifikasi disediakan termasuk NFPA 780 dan UL96A. Ini hampir seolah-olah itu adalah "pelat ketel".


    Banyak orang berpikir bahwa tidak ada alternatif sistem penangkal petir. Proses berpikirnya mungkin seperti ini; "Jika saya tidak mengikuti standar, saya tidak akan memiliki jalan lain terhadap masalah petir".perusahaan, seperti pembangkit listrik, pabrik kimia, dan pusat data , hampir semua memiliki masalah dengan petir.


    Nilai standar mengacu pada Persyaratan Umum Instalasi Listrik atau PUIL 2000 (peraturan yang sesuai dan berlaku hingga saat ini) yaitu kurang dari atau sama dengan 5 (lima) ohm


    Sungguh menakjubkan berapa kali kami menyelidiki situs-situs ini dan melakukan konsultasi dan survei situs, berapa banyak dari fasilitas ini yang sudah menginstal sistem LPS "bersertifikat". Mereka bahkan memiliki plakat UL Master Label yang ditempelkan pada beberapa struktur di fasilitas tersebut. Mereka sering bertanya “apakah rekomendasi Anda memenuhi PUIL 2000”


    Berikut sejarah Benjamin Franklin bereksperimen dengan mitigasi petir


    Pada tahun 1755, Dr. Benjamin Franklin bereksperimen dengan mitigasi petir. Dia menemukan bahwa titik tajam menghilangkan muatan (dasar dari sistem transfer muatan atau CTS). Dia menghubungkan petir dengan muatan dan berusaha menghilangkan muatan di awan selama badai petir.


    Karena eksperimen yang dia lakukan dengan "penangkal petir" ini, mereka dikenal sebagai Franklin Rods, digunakan dalam Sistem Franklin yang mencakup landasan dan perangkat keras yang diperlukan untuk membuatnya bekerja.


    Franklin Rods menemukan bahwa jika penangkal petir adalah titik pengumpulan pilihan dari pemimpin petir, dia melepaskan seluruh medan statis tak terkendali, dengan ribuan ampere arus yang mengalir melalui konduktor dalam durasi sub-detik. Penangkal petir tidak selalu dijamin untuk mengumpulkan petir, yang merupakan masalah lain.


    Perangkat Franklin Rod ini diterapkan untuk melindungi ternak dan manusia dari sambaran petir langsung dengan menyediakan "titik pengumpulan pilihan". Yaitu: petir akan menyambar batang logam yang melekat pada struktur yang digantung di atas area "terlindungi", dan kabel arde akan (semoga) menghantarkan arus petir yang berlebihan ke arde.


    Karena Batang Franklin secara fisik melekat pada struktur, dalam banyak kasus, struktur tersebut akan benar-benar terbakar atau mengalami kerusakan.

    Jenis Sistem Penangkal Petir menurut area pemasangan


    Tujuan Instalasi penangkal petir adalah Membentuk sistem dengan beberapa jenis komponen dan peralatan yang berfungsi untuk menangkap petir dan menyalurkannya ke tanah agar menjadi netral,agar seluruh property terlindungi dari bahaya sambaran petir.


    Ada 2 jenis sistem solusi yang terbaik untuk melindungi kerusakan perangkat dan property dari sambaran petir, Penjelasan berikut ini akan memberikan anda pencerahan apa itu perlindungan internal ataupun perlindungan eksternal.

    1. Perlindungan eksternal | perlindungan luar property 


    Perlindungan eksternal adalah Metode instalasi perangkat penangkal petir ini paling banyak ditemukan di atas property bangunan yang berupa batang tembaga  berbentuk runcing atau anti petir elektrostatis, pemasangan kompenen ini bertujuan untuk menerima sambaran petir secara langsung (direct strike).


    Bila tidak di antisipasi sejak awal ,Konsekuensi yang terjadi dari Sambaran langsung dapat menciptakan kerusakan fisik struktur dan sering kali terjadi kebakaran.


    Untuk mengamankan sambaran langsung tersebut maka sistem penangkal petir ini dipasang pada struktur bangunan bagian tertinggi di area terbuka , ini bertujuan sebagai wadah menyalurkan petir menuju permukaan bumi tanpa merusak struktur property maupun aset yang dilewatinya.


    Secara garis besar pada Sistem Penangkal Petir Eksternal terdapat 3 bagian step agar berfungsi susuai denga kualitas nya

    • Head Terminal / Splitzen
    • Kabel Conductor
    • Pembumian

    2.Perlindungan Internal | Perlindungan dalam property


    Metode perlindungan Internal bertujuan untuk melindungi jaringan kabel daya maupun kabel data dari effect induksi petir yang bisa merusak perangkat elektonik, komunikasi atau aset property yang lain didalam bangunan.


    Pemasangan perlindungan Internal wajib untuk mengurangi dampak induksi medan elektromagnetik, Untuk itu diwajibkan memasang proteksi berupa surrge arraster untuk listrik, Lan maupun PABX, atau peralatan elektronik lainnya seperti CCTV, DVR, Server, terutama yang menggunakan arus lemah dalam pengoperasiannya.


    Berikut step perlindungan proteksi Internal instalasi

    Jenis Sistem Penangkal Petir pada property bangunan


    prinsip dasar kerja penangkal petir adalah menciptakan satu atau lebih titik yang terhubung secara seri yang disukai petir menggunakan elemen konduktor impedansi rendah. Titik ini yang akan menyalurkan dan menghilangkan arus petir ke tanah.


    Sistem penangkal petir koheren


    Cara kerja sistem koheren memungkinkan petir ditangkap dan dihamburkan untuk perlindungan pada struktur bangunan. Ada lima jenis sistem proteksi petir untuk melindungi struktur bangunan yang biasanya digunakan:

    1. Rods
    2. Meshed conductors
    3. Catenary wires
    4. Early streamer
    5. Perlindungan dengan Komponen Alami

    Sitem penangkal petir Franklin Rods


    Benjamin Franklin menemukan Lightning Rod pada tahun 1753. Konduktor petir ini terdiri dari batang logam meruncing setinggi 2 m hingga 8 m yang dipasang di puncak struktur bagunan untuk dilindungi dan terhubung ke minimum dua konduktor yang terhubung ke bumi melalui kabel grounding untuk mengalirkan arus petir.


    Kekurangan sistem ini , jangkaun radius perlindungan jenis Air-Termination Rod ini terbatas pada sekitar 30 meter lingkungan (Level Perlindungan Petir = IV, tinggi = 60 meter), biasanya hanya digunakan untuk melindungi bangunan atau zona kecil seperti tiang, cerobong asap, tangki , menara air, tiang-tiang udara, rumah tinggal, dll yang areanya dibawah radius 30 meter.

    Kekurangan dan ke unggulan sistem Penangkal Petir Franklin

    • Kemudahan pemasangan
    • Ekonomis
    • Dapat diintegrasikan dengan mulus dan diam-diam ke dalam struktur bangunan
    • Terbatas untuk melindungi struktur ukuran kecil
    • Mekanik penahan berupa tiang yang mudah korosi

    Proteksi Petir Sangkar Konduktor Sistem Faraday


    Metode Perlindungan Sistem Faraday Cage atau type sangkar ini berupa konduktor yang saling bertautan menutupi atap dan dinding property bangunan.


    Objek Terminal petir berupa tiang-tiang penangkal yang kecil diposisikan mulai tepi atap titik tinggi.dengan jarak antar terminal antara 5 dan 20 meter sesuai dengan efektivitas yang diperlukan.Jaringan konduktor mengikuti perimeter eksternal dan dilengkapi dengan elemen transversal. 


    Bagian atas konduktor yang dipasang di dinding dihubungkan ke atap, dan bagian bawah untuk sistem grounding khusus. Arus petir dialirkan melalui konduktor dan sistem grounding yang paling dekat dengan titik dampak sambaran petir. Contoh penggunaannya pada gedung bertingkat, hotel atau mall yang memiliki area bangunan yang luas.

    Kunggulan dan kekurangan Penangkal Petir Faraday

    • Pengurangan efek radiasi elektromagnetik dalam struktur yang dilindungi.
    • Penyebaran arus petir di beberapa konduktor turun
    • Berkontribusi pada ekototensial keseluruhan antara struktur penghantar dan tanah
    • Kompleks dan mahal untuk dipasang
    • Seringkali tidak estetis karena kompleksitas struktur

    Sistem penangkal petir kawat catenary


    Sistem proteksi petir Catenary secara prinsip kerja mirip dengan Sistem Faraday, yang membedakan yaitu pemasangan pada jarak yang cukup jauh dari bangunan yang akan dilindungi. Tujuannya adalah untuk menghindari arus petir yang bersentuhan langsung dengan bangunan.


    komponen terdiri dari mesh konduktor,  kawat Catenary yang ditempatkan di atas bangunan yang akan dilindungi dihubungkan ke konduktor turun dan sistem grounding khusus.


    Ukuran mesh dan jarak antara konduktor down dikenakan aturan yang sama seperti untuk sistem proteksi petir konduktor mesh.


    Perlindungan ini mensyaratkan studi mekanis tambahan (ketahanan material untuk tiang, tekanan tanah yang memenuhi syarat, ketahanan terhadap angin dan kondisi cuaca, dll.) Harus dilakukan dan jarak isolasi ditentukan.


    Konduktor petir kawat catenary lebih khusus digunakan untuk melindungi area terbuka ketika tidak ada dukungan arsitektur atau penyimpanan berbahaya. Contoh penggunaannya seperti di area taman terbuka, pusat olahraga, objek wisata terbuka, pantai dan lain-lain.

    Keunggulan dan kekuranga Penangkal Petir Catenary

    • Pengurangan efek radiasi elektromagnetik dalam struktur yang dilindungi.
    • Penyebaran arus petir di beberapa konduktor turun
    • Berkontribusi pada ekototensial keseluruhan antara struktur penghantar dan tanah
    • Perlindungan zona terbuka
    • Kabel catenary dapat menjadi bahaya dalam menangani area di mana peralatan pengangkat digunakan
    • Kompleks dan mahal untuk dipasang
    • Seringkali tidak estetis karena kompleksitas struktur

    Perlindungan menggunakan komponen Alami


    Cara kerja sistem komponen alami menggunakan tiap bagian struktur atau bangunan yang dapat berpartisipasi dalam perlindungan eksternal melalui kapasitas bahan untuk menangkap sambaran petir atau untuk mengalirkan arus petir.


    bagian struktur atau bangunan dapat digunakan untuk mengganti semua atau sebagian konduktor down atau sebagai tambahan untuk instalasi eksternal.Komponen-komponen ini dapat terdiri dari:

    • Bingkai konstruksi logam
    • Pelapis logam dari dinding atau kelongsong logam
    • Lembaran logam yang menutupi volume yang akan dilindungi
    • Komponen logam dari struktur atap seperti rangka baja yang saling berhubungan, dll
    • Batang logam dalam beton bertulang
    • Bagian logam seperti talang, dekorasi, pagar, dll
    • Pipa dan tangki logam, asalkan tebalnya setidaknya 2,5 mm

    Komponen-komponen ini harus memenuhi persyaratan ketebalan, penampang dan kontinuitas, sehingga penggunaannya tidak menjadi masalah yang sulit.jika digunakan sebagai penangkal petir, komponen tersebut tidak boleh tersentuh oleh pengguna gedung.

    Kekurangan dan keliebihan enangkal Petir Komponen Alami Bangunan

    • Penyederhanaan pemasangan dan pengurangan biaya
    • Sulit dirawat (pemeriksaan kontinuitas listrik, identifikasi bagian-bagian struktur yang terlibat dalam perlindungan, dll.)
    • Kemungkinan penghapusan sebagian atau total elemen «alami» yang berpartisipasi dalam perlindungan saat bangunan dimodifikasi

    Konduktor petir emisi early streamer (pencegahan dini)


    Prinsip kerja konduktor petir emisi streamer dini adalah secara buatan menghasilkan arus ke atas lebih awal sebelum sambaran petir terjadi.


    Penangkapan sambaran petir dengan sistem ini lebih cepat daripada sistem penangkal petir biasa, teknologi ini dapat digunakan untuk melindungi zona yang tersebar di area yang lebih luas, sehingga memastikan perlindungan bangunan besar.


    Radius perlindungan yang dihasilkan tergantung pada nilai muka pemicu konduktor petir (int dalam μs), tinggi dan efektivitas perlindungan, nilai maksimumnya adalah 120 meter (Tingkat III, tinggi = 60 meter). Ukuran ini jauh lebih luas dibanding penangkal petir biasa.

    Kelebihan dan kekurangan Penangkal Petir sistem Early Streamer

    • Jika area yang akan dilindungi adalah area berbahaya, konduktor petir dapat dipasang di luar
    • Kemungkinan untuk melindungi beberapa bangunan dengan konduktor petir yang sama
    • Harga Ekonomis
    • Dapat melindungi struktur dan lingkungan di sekitarnya secara bersamaan
    • Perlindungan zona terbuka
    • Dapat diintegrasikan dengan mulus dan diam-diam ke dalam struktur bangunan
    • Tinggi konduktor petir minimum 2 meter
    • Mekanik menahan kendala tiang

    Menurut dokumen UL96A, “sambaran (petir) dapat melebihi 300.000 Ampere, lebih dari satu giga volt (satu miliar volt) dan dengan suhu setinggi 36.000 derajat. F."


    Study Pendekatan Franklin membawa energi petir yang parah (pemogokan 50 persen di AS adalah 30.000 amp) terlalu dekat dengan lingkungan yang sangat sensitif, terkadang eksplosif dan sistem elektronik yang rentan yang mengontrol dan memantau lingkungan ini.


    Bahkan jika kumpulan atau "sambaran" petir tidak secara langsung menghubungi bagian dari sistem atau sirkuit, efek sekunder petir (transien arus bumi, transien atmosfer, busur sekunder, pulsa elektromagnetik atau EMP dan kenaikan potensial tanah atau GPR) dapat menurunkan komponen sistem yang mengarah ke kegagalan dini dan mungkin menyebabkan operasi yang salah atau salah.


    Lightning Eliminators and Consultants, Inc. (LEC) tidak mengikuti pendekatan tradisional proteksi petir dengan menyediakan “titik penampung petir pilihan”. Sistem Franklin Rod yang telah ada selama lebih dari 250 tahun menimbulkan masalah. Mereka menarik petir ke suatu area ketika petir mungkin telah berakhir dengan baik di luar zona aman yang diinginkan. Dalam pandangan kami, mereka menciptakan masalah potensial yang mungkin tidak terjadi.


    Selama lebih dari 40 tahun, LEC telah menyediakan sistem proteksi petir kekuatan industri canggih di seluruh dunia. Sistem yang dirancang, diproduksi, dan diterapkan oleh LEC tidak menyediakan skema perlindungan Franklin Rod tradisional. Sebaliknya, kami berpandangan bahwa kami harus menghindari pemogokan, bukan mengumpulkannya.


    Nama LEC agak keliru; LEC tidak menghilangkan semua petir. Sistem transfer muatan LEC (dipatenkan sebagai Dissipation Array®System atau DAS®) menggunakan fenomena ilmiah yang terjadi secara alami yang disebut pelepasan titik untuk mencegah pengumpulan petir dalam zona perlindungan terbatas. LEC tidak menarik petir. Sistem LEC menurunkan medan statis di kawasan lindung cukup lama hingga sambaran petir berhenti di luar kawasan lindung. DAS direkayasa ke aplikasi atau situs tertentu.


    Klien tipikal yang memilih sistem DAS untuk proteksi petir fasilitas mereka adalah mereka yang tidak dapat mentolerir kumpulan petir apa pun dalam zona proteksi yang diinginkan. Pengoperasian fasilitas yang dilindungi terlalu kritis atau sensitif untuk mengambil kesempatan bahwa serangan akan dikumpulkan seperti lingkungan yang mudah meledak secara fisik atau di mana waktu henti akan terlalu mahal.


    Orang lain memilih pendekatan kami karena waktu henti awal akan menyebabkan periode restart yang diperpanjang untuk perbaikan dan pemeriksaan sistem atau proses yang terganggu oleh sambaran petir awal tidak dapat diatur ulang dan akan memerlukan pembuangan atau limbah yang tidak dapat digunakan kembali. 


    Alasan kuat lainnya untuk memilih DAS adalah keselamatan personel di area yang harus ditempati selama aktivitas badai seperti pengawasan dan ketersediaan keamanan.


    Daftar klien yang memilih DAS LEC sangat luas. Sebagian dari daftar itu termasuk klien global seperti: Exxon Mobil, Shell Oil, Chevron, Valero Refining, BASF, FedEx, UPS, Tennessee Valley Authority (TVA), Florida Power & Light, South Carolina Electric & Gas, Duke Energy, Entergy , Fidelity National Information Services, Turner Broadcasting, International Paper, Weyerhaeuser Company, US Navy, dan Israel Defense Forces. Dan pelanggan ini sering menjadi pelanggan tetap dengan berbagai fasilitas di lokasi geografis yang berbeda di seluruh dunia, semuanya dilindungi oleh DAS LEC.


    Dengan lebih dari 70.000 tahun sistem operasi aktual di lapangan dan terbukti sukses dalam meminimalkan efek petir, LEC adalah pilihan pengurangan risiko cerdas untuk proteksi petir sistem kritis.

    Hubungi kami untuk mendiskusikan apa pilihan Anda.

    LihatTutupKomentar