5 URUTAN PEMASANGAN INSTALI LISTRIK | ILMU PRAKTEK TEHNIK YANG BENAR


Di dalam kehidupan manusia kebutuhan yang paling mendasar saat ini adalah Listrik, dimana semua alat yang kita gunakan untuk mempersingkat pekerjaan menggunakan energi listrik. Sehingga sangat penting untuk rumah memiliki instalasi listrik yang benar. PLN akan mengaliri listrik pada setiap rumah jika instalasi listrik terpasang.


Bagi kalian pelanggan baru yang akan menggunakan aliran listrik dari PLN, maka ada kalian perlu melengkapi peraturan SLO. Pemerintah lah yang ditunjuk ketika keluarnya SLO oleh Lembaga inspeksi Teknik.
SISTEM INSTALIS LISTRIK RUMAH TANGGA
Bagi kalian pelanggan baru yang akan menggunakan aliran listrik dari PLN, maka ada kalian perlu melengkapi peraturan SLO.

Pemerintah lah yang ditunjuk ketika keluarnya SLO oleh Lembaga inspeksi Teknik. Tugas dari Lembaga ini adalah memeriksa apakah sudah benar dan sesuai dengan standar yang berlaku dalam pemasangan skema instalasi listrik rumah.

Dimana PUIL ( Persyaratan Umum Instalasi Listrik ) tahun 2011 sebagai acuan dari pemasangan instalasi listrik.

Jika kalian belum mahir dalam mengerjakan hal tersebut, maka ada baiknya untuk menggunakan jasa instalir listrik yang sudah terpercaya. Mereka akan mengerjakan sesuai dengan Teknik pembuatan instalasi listrik rumah tangga dan sudah paham macam-macam instalasi listrik rumah tangga.

Nah jika kalian memang sudah memiliki keahlian dasar dalam instalasi listrik, berikut ini syarat yang harus kalian penuhi ketika akan memasang instalasi listrik rumah tangga :

1. KABEL

Jenis kabel yang sesuai dengan standar pemasangan instalasil listrik rumah tangga adalah kabel NYM yang memiliki isolasi ganda. Luas penampang dari setiap intinya memiliki ukuran minimal 1,5 mm2  berbahan tembaga dimana terdapat 2 sampai 3 pejal inti.

Kabel menggunakan metode sambungan terbaik pencabangan yang harus dilakukan didalam kotak. Penambang pada kabel lampu mempunyai ukuran lebih kecil yakni 0,5mm2.

Hal penting lainnya adalah ketika kalian sudah memasang kabel listrik dengan cara permanen maka ukuran 2,5 mm2 minimal inti tembaga. Dengan menggunakan isolasi PVC yang dapat mengaliri maks 10A listrik.

2. SALURAN UTAMA

Kabel saluran utama menggunakan menghantarkan penampang dengan min berukuran 4 mm2 dan 2,5 mm2 bagi jalur yang lain. Untuk menandakan fase dengan menggunakan warna merah dan hitam pada kabel serta untuk nertral menggunakan warna biru. Strip hijau berwarna kuning merupakan kabel PE.

3. MCB

Strandar SNI pada MCB harus dimilki ketika akan memasanganya. Keamanan perlu untuk dipertahankan dimana hubungan arus pendek hingga hubungan arus besar sekaligus.

4. LAMPU

Penerangan rumah tangga juga menggunakan lampu dan fiting dimana sudah diamankan dari sentuhan karna memiliki tegangan listrik. Selain itu untuk meminimalisir terjadinya kerbakaran atau konsleting pada kabel, pemasangan isolasi dengan benar perlu diperhatikan dengan teliti. 

Jauhkan pemasangan dari tempat-tempat yang lembab dan basah dikarenakan air yang bocor dari atap rumah ataupun yang lainnya. Maka perlu untuk merapikan instalasi listrik ketika memasang. Ukuran inti Lembaga kabel berdiameter 0,75 mm2 serta terdapat perlindungan pada kabel tersebut.

Kalian dapat menggunakan pipa khusus ketika kabel yang kalian pasang adalah kabel tunggal sehingga terkelupasnya isolasi dan gangguan dari tikus dapat terbebaskan. Standar SNI harus kalian terapkan ketika instalasi lampu.

5. PANEL PENGHUBUNG BAGI ( PHB )

Pemasangan PHB dapat menatanya dengan rapi, teratur dan sangat mudah untuk dicapai.

Ruangan yang luas diperlukan ketika memasang PHB ini sehingga kalian dapat leluasa saat pemeliharaan. Ruangan yang digunakan untuk meletakkan PHB ini lebarnya 0,75 meter dan 2 meter tingginya serta meletakkanya setelah kWh pada meter PLN. 

Demikian artikel tentang 5 Teknik Urutan Pemasangan Instalasi Listrik Rumah Tangga Yang Baik dan Benar. Dimana artikel ini bertujuan untuk memberikan kemudahan dalam instalasi listrik rumah tangga suapa tidak mengulang-ulang Kembali kesalahan. Semoga bermanfaat sekian dan terima kasih.

LihatTutupKomentar