KELISTRIKAN MOTOR MATI TOTAL SECARA TIBA TIBA, BERIKUT 4 PENYEBAB UTAMANYA

 
Aki ini berumur 5 tahun dan belum pernah diganti dengan yang baru maka aki akan soak dimana seluruh kelistrikan akan mati total. Ciri-ciri aki dalam keadaan soak adalah mesin tetap hidup namun menggunakan kick starter, lampu, klakson dan starter tetap bisa hidup ketika mesin juga hidup
kelistrikan motor

Hai sobat ketika sedang dalam perjalanan apakah kelistrikan motor mati total secara tiba-tiba. Nah pada kesempatan kali ini aku bakalan kasih tau kelian semau apa sih penyebab dari matinya mesin motor tersebut. Asal kalian tau bahwa motor bukanlah kendaraan elektrikan, namun tenaga listrik merupakan hal yang harus ada pada kendaraan tersebut. 
Maka berikut ini 4 Penyebab Utamanya kelistrikan morot mati total simak dengan baik dan benar yaaa :
1. AKI SOAK
Sebagai penyimpan daya listrik dimana seluruh arus listrik ditampung kedalam aki dan kemudian dikeluarkan sehingga arus listrik akan berkurang. Matinya motor kalian penyebab utamanya ketka aki dalam keadaan soak. Sehingga seluruh kelestrikan yakni kelakson, lampu dan starter tidak bisa hidup. 

Aki ini berumur 5 tahun dan belum pernah diganti dengan yang baru maka aki akan soak dimana seluruh kelistrikan akan mati total. Ciri-ciri aki dalam keadaan soak adalah mesin tetap hidup namun menggunakan kick starter, lampu, klakson dan starter tetap bisa hidup ketika mesin juga hidup.

2. SEKERING PUTUS
Pada kendaraan motor sekering ini berguna untuk memberikan keamanan aliran arus listrik yang bergitu besar pada kelistrikan motor. Kebakaran pada kabel-kabel berukura kecil pada mesin motor dikarenakan ampere yang tinggi maka kegunaan sekering ini adalah mengantisipasi terjadinya hal tersebut.

Putus nya sekering akan menyebabkan motor tidak bisa hidup dengan menggunakan kick starter selain itu juga kelistrikan pada motor akan mati total. Berbagai jenis sekering pada motor ada banyak, dimana memiliki kegunaan dan fungsi masing-masing. contohnya ketika starter elektrika motor dalam keadaan normal namun lampu mati maka sekering kelistrikan pada bodylah yang putus.

Jika sekering kelistrikan mesin yang terputus maka mesin akan mati total dan lampu dapat menyala. Jadi solusinya adalah kalian dapat mengganti sekering tersebut dengan yang baru.

3. SPUL RUSAK
Perputaran mesin mengubahnya menjadi listrik disebabkan oleh alat bernama SPUL. Ketika mesin dalam keadaan menyala maka spul lah yang menyuplai ketersedian tenaga listrik tersebut. Jika terjadi kerusakan pada spul mesin tetap bisa hidup dan aku tetap memiliki arus listrik. Namun semua itu akan berakhir ketika tidak menyalanya busi dan motor menjadi mogok. 

Sehingga membuat motor mati total dan lampu-lampu juga ikut mati. Maka jika kalian mengalami kondisi seperti ini berarti spul yang bermasalah. Solusinya dengan mengganti spul dengan yang baru atau dapat menggulung tembaga ke bengkel terperaya kalian.

4. KIPROK LEMAH ATAU RUSAK
Untuk mendeteksi kerusakan dari kiprok ini kita memerlukan alat multimeter. Ciri masalah yang dimiliki oleh spul sama seperti kiprok. Kerusakan ini disebabkan oleh listrik yang masuk  lebih rendah sedangkan yang keluar lebih tinggi.

5. KONSLETING LISTRIK
Hal dari penyebab arus listrik pada motor adalah kabel yang menempel langsung dengan arus negatif atau arus masa tanpa adanya melewati beban kelistrikan. Akibat dari konsleting ini adalah sekering terputus dan motor akan mati total. Maka jika aki kalian terkuras ini dikarenakan konsleting diluar jalur sekering.

Terus bagaimana dong solusinya? Nah sering kali ditemukan konsleting terjadi setelah  mencuci motor atau sesudah menerjang banjir, maka yang akan terjadi adalah motor mati keesokan harinya. Maka kalian dapat mengganti sekering namun jangan lupa untuk mengecek kabel body apakah ada yang terkelupas dan menempel ke body sehingga menimbulkan konsleting.

Mungkin itu tadi artikel membahas tentang Penyebab Utamanya kelistrikan morot mati total. Dimana sering terjadi kepada pengendara bermotor apalagi pengendara tidak paham dengan sistem kelistrikan motor. Maka kalian dapat menggunakan jasa kelistrikan terpercaya  motor yang ada di daerah kalian.

Semoga artike ini memberikan manfaat dan berguna untuk kita semua. Sekian dari saya dan saya ucapkan terima kasih.
LihatTutupKomentar