Mempelajari bagaimana cara Kerja Pembangkit LIstrik Tenaga Surya

 Sistem kerja pembangkit listrik tenaga surya atau PLTS

Memahami bagaimana konsep atau metode kerja PLTS? Apa saja komponen penting PLTS? Serta manfaat dari komponen-komponen Pembangkit Listrik Tenaga Surya?


Satu diantara teknik untuk mengurangi pencemaran udara yaitu dengan mengurangi sistem pembangkit listrik dengan bahan batubara yang notabene menciptakan polusi dalam jumlah besar.

plts

Cara kerja plts

Pengurangan pembangkit berbahan batubara dapat dijalankan dengan beralih ke sistem pembangkit listrik energi terbarukan, seperti Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS).

Pembangkit dengan sistem energi surya tersebut sangatlah ramah bagi keberlangsungan hidup lingkungan .


Di dalam artikel ini, kliklistrik bakal membahas perihal sistem pembangkit listrik tenaga surya (PLTS), dimulai dengan pengertian apa itu PLTS, komponen PLTS serta metode kerja pembangkit listrik tenaga surya.


Pegertian Pembangkit Listrik Tenaga Surya

Pembangkit Listrik Tenaga Surya atau Yang biasa disebut PLTS merupakan suatu penghasil energi listrik dengan mengubah energi panas matahari menjadi energi listrik.Di setiap panel surya tersedia elemen khusus dalam bentuk sel fotovoltaik,dimana sel ini bekerja mengubah sinar panas matahari menjadi energi listrik arus sama arah.

Elemen Khusus Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS)

1. Solar Cell (Panel Surya)

Solar cell sebagai elemen khusus PLTS yang berperan untuk mengganti energi panas matahari jadi energi listrik.

2. Controller

Controller sebagai elemen PLTS yang berperan memantapkan listrik dari panel suya ke arah battery, memantapkan listrik dari battery ke arah beban, putuskan saluran listrik ke battery jika sudah full, putuskan saluran listrik dari battery ke beban jika battery pada kondisi low dan amankan komopnen lain jika terjadi short sirkuit.

3. Inverter

Inverter sebagai elemen PLTS yang berperan mengganti energi listrik DC (Direct Current) jadi AC (Alternating Current).

4. Battery

Battery sebagai elemen PLTS yang berperan untuk simpan energi listrik yang dibuat oleh panel surya.


Langkah Kerja Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS)

Konsep kerja PLTS

Panel surya mengganti energi panas matahari jadi energi listrik

Energi listrik yang dibuat distabilkan dahulu oleh controller supaya sesuai tegangan dan arus kerja battery.


Energi listrik yang konstan diletakkan dalam battery

Energi dari battery distabilkan kembali oleh controller saat sebelum masuk ke inverter supaya tegangan dan arusnya sesuai kerja inverter.


Energi listrik dari battery yang sudah distabilkan oleh controller dilanjutkan ke inverter untuk diganti dari arus listrik DC jadi arus listrik AC, Setelah melalui inverter, maka energi listrik yang dihasil berubah menjadi arus bolak balik atau disebut AC, kemudian dapat didistribusikan terhadap beban, seperti lampu, TV dan produk listrik yang bervoltase 220-380 volt..

Demikian Pemaparan sistem kerja pembangkit listrik tenaga surya (PLTS) semoga artikel ini berguna dan semoga kalian berkenaan memberikan masukan untuk kebaikan bersama.terima kasih

LihatTutupKomentar