Cara Menentukan Ukuran Busbar

    MENENTUKAN UKURAN BUSBAR

    Busbar

    Apa fungsi busbar?

    Busbar adalah konduktor telanjang berupa plat logam berjenis tembaga (Cu) atau aluminium (Al). Berbentuk persegi panjang dengan ukuran tertentu.
    Fungsi busbar yaitu menghantarkan atau mendistribusikan listrik antara feeder, incomer dan komponen listrik lainnya dalam panel listrik.
    Dalam penentuan dan pemilihan ukuran busbar yang akan digunakan pada sebuah peralatan panel distribusi, hal yang perlu diperhatikan adalah sebagai berikut :
    1).Dimensi busbar dengan mempertimbangkan kondisi normal operasi.
    2).Tegangan operasional saat beroperasi , baik antara line dengan line maupun antara line dengan netral.
    3).Arus yang akan mengalir pada busbar, yang akan mempengaruhi penentuan tipe dan luas penampang busbar itu sendiri.
    Selain hal diatas, yang juga patut diperhatikan adalah kemampuan isolator tempat busbar dipasang, dimana kemampuan isolator tersebut harus bisa menanggung dan tahan terhadap efek mekanikal yang timbul, baik yang disebabkan karena efek kenaikan temperatur pada busbar maupun goncangan/getaran akibat gangguan hubungan singkat (short circuit) yang menjalar dari busbar ke isolator.

    KETERANGAN TABEL:
    1.Pada kolom pembebanan kontinu arus AC, tentukan besaran Ampere sesuai breaker pada panel, kemudian tentukan jumlah rangkap busbar (I, II, III, III).
    2.Setelah itu lihat kolom ukuran lebar x tebal busbar, horizontal sesuai Ampere yang tadi ditentukan.
    3.Untuk panjang busbar, disesuaikan dengan konstruksi panel cara pasang elcb
    CONTOH:
    • Breaker dengan nilai Ampere 220 (kolom I), maka ukuran yang digunakan 20 x 3mm
    • Breaker dengan nilai Ampere 2500 (kolom II), maka ukuran yang digunakan 100 x 10mm, apabila kita menggunakan Ampere di kolom II maka diasumsikan busbar busbar yang digunakan jadi 2 rangkap 2(100x10mm).
    Contoh :
    • Tembaga dengan Tebal 3mm dan lebar 15mm maka kapasitas = setara dengan kabel ukuran 45mm2. karena ukuran kabel 45mm2 tidak ada maka kapasitasnya dianggap mendekati kabel NYY 35mm2 atau sekitar 170 Ampere maksimum Load.
    Pendekatan kapasitas Busbar ke kapasitas Kabel kita ambil 1 step kebawah untuk kapasitas kabel dengan memperhitungkan faktor safety busbar tersebut.
    LihatTutupKomentar