Jasa Pasang Grounding Data Center

    Grounding Server Penangkal Petir (Grounding System) Untuk Ruang Server

    Untuk pabrik, kantor atau tempat usaha yang tinggal di daerah yang banyak petir, mungkin kita sudah sering melihat kilatan cahaya dan suara gemuruh yang ditimbulkan oleh petir.

    Jika petir yang terjadi dekat dengan tempat pabrik, kantor atau tempat usaha berada, kita akan sering merasakan adanya semacam sengatan listrik ke tubuh kita.


    Jasa Pasang Grounding


    Menurut teori petir terjadi karena ada perbedaan potensial antara awan dan bumi atau dengan awan lainnya.

    Proses terjadinya muatan pada awan karena dia bergerak terus menerus secara teratur, dan selama pergerakannya dia akan berinteraksi dengan awan lainnya sehingga muatan negatif akan berkumpul pada salah satu sisi (atas atau bawah), sedangkan muatan positif berkumpul pada sisi sebaliknya.


    Bila perbedaan potensial antara awan dan bumi cukup besar, maka akan terjadi pembuangan muatan negatif (elektron) yang dimana muatan akan diteruskannya ke bumi (ground).


    Oleh sebab sifat petir adalah meneruskan muatan ke ground bumi, jadi muatan akan mengejar tempat paling dekat ke pusat bumi ground melalui penghantar ke bumi. Semakin kecil nilai grounding (mendekati nol), maka pembuangan petir nya semakin cepat dan bersih.


    Upaya dalam mengantisipasi bahaya resiko bilamana petir berada dekat pabrik, kantor atau tempat usaha kita, perlu membuat sistim grounding penangkal petir (grounding system) di pabrik, kantor atau tempat usaha kita. Ini perlu dilakukan untuk mengurangi resiko kita dari sambaran petir dan juga barang barang elektronik, peralatan jaringan computer dan server kita dari arus lebih yang diakibatkan oleh petir yang mengenai sekeliling pabrik, kantor atau tempat usaha .


    Namun demikian pembuatan grounding penangkal petir berarti bukan 100% membuat kita aman dari resiko petir tersebut. Tapi setidaknya bisa mengurangi dampak kerusakan yang lebih besar akibat sambaran petir.


    Berikut uraian bagaimana membuat sistim instalasi grounding server penangkal petir konvensional yang bisa diterapkan di bangunan pabrik, kantor atau tempat usaha. Secara umum bagian dan sistim pemasangan grounding server penangkal petir adalah sebagai berikut :


    1. Kabel BC atau ground rod ditanam ke tanah untuk mendapat nilai Ohm dibawah 1 Ohm (wajib) (Konduktor). Kabel BC ( kabel tembaga terbuka) ditanam dengan kedalaman minimal 12 meter. Untuk penggunaan ground rod sebaiknya minimal kedalaman 4 meter dikali 3 lobang

    2. Kabel BC atau ground rod yang sudah ditanam ke dalam tanah, ujung satunya dihubungkan terminal bak kontrol yang sudah dipasang busbar. Fungsi busbar adalah untuk tempat bertemu nya kabel BC / grounding rod dengan kabel NYY

    3. Kabel NYY yang sudah terhubung ke grounding nantinya yang dipasang ke ruang server. Kabel NYY ini nanti akan dikonekan ke bodi server, rack server dan semua peralatan aktif jaringan komputer termasuk UPS dan surge arrester.

    Berdasarkan info diatas, bisa dijelaskan fungsi grounding pembumian sbb:

    • Menghantar muatan petir ke pusat bumi (ground)
    • Jika ada arus lebih yang masuk dari jaringan listrik, dengan menggunakan alat bantu arester yang sudah di integrasikan ke sistim grounding (pembumian), maka semua tegangan lebih dapat di hantarkan ke ground (bumi), dengan demikian akan mengurangi dampak kerusakan sistim dan peralatan server dan elektronik didalam pabrik, kantor atau tempat usaha kita
    • Bilamana ada tegangan lebih yang masuk kedalam sistim jaringan listrik didalam pabrik, kantor atau tempat usaha kita termasuk server, perangkat jaringan komputer serta alat alat elektronik yang sudah diintegrasikan kedalam sistim grounding (pembumian), sehingga tegangan lebih akan segera dihantarkan ke ground (bumi), hal ini akan mengurangi kerusakan server, perangkat jaringan komputer serta alat alat elektronik di dalam pabrik, kantor atau tempat usaha. Kita dapat membuat sub – sub terminal didalam didalam pabrik, kantor atau tempat usaha kita, tapi harus memperhatikan faktor keamanan dan estetika

    LihatTutupKomentar