google.com, pub-4356088970782512, DIRECT, f08c47fec0942fa0 Apa Itu Ruang AHU
google.com, pub-4356088970782512, DIRECT, f08c47fec0942fa0

Apa Itu Ruang AHU

    Cara Kerja, Fungsi, dan Ukuran Sistem Tata Udara


    Unit tata udara adalah bagian penting dari sistem pendingin udara. disebut "Unit Tata udara" karena dapat melakukan lebih dari sekadar mengedarkan udara dingin keberbagai ruangan,tapi dapat juga memberi Anda pemanasan."Tata udara" kadang-kadang digunakan secara bergantian dengan "unit koil kipas", yang merupakan komponen umum lain dari sistem HVAC yang digunakan untuk sistem pemanas, ventilasi, dan pendingin udara (HVAC).

    Apa Itu Ruang AHU
    www.kliklistrik.my.id

    Unit tata udara adalah bagian penting dari sistem AC Anda.

    Tata udara atau Unit penangan udara adalah bagian penting dari sistem pendingin udara , Ini adalah perangkat yang mendinginkan dan mendistribusikan udara yang dikondisikan ke seluruh ruangan, memberi Anda lingkungan yang nyaman untuk ditinggali. Komponen dan fungsi unit tata udara meliputi:

    • Sistem Intake Udara - Sistem ini menarik udara luar, menyaringnya, dan kemudian mengirimkannya ke kompresor

    • Kompresor - Bagian ini memampatkan gas refrigeran ke dalam bentuk cair sehingga dapat bergerak melalui pipa dengan lebih mudah.

    • Kumparan Kondensor - Pipa ini berisi air dingin yang menyerap panas dari refrigeran saat melewati kumparan kondensor. Campuran yang dihasilkan kemudian kembali ke keadaan gas sebelum dikirim kembali ke saluran rumah Anda di seluruh rumah Anda.

    Unit tata udara memiliki tiga bagian utama.

    • Kompresor. Komponen inilah yang sebenarnya mendinginkan atau memanaskan udara. Kompresor ini terletak di bagian luar unit dan harus bekerja keras untuk menjaga rumah Anda pada suhu yang nyaman.

    • Kipas angin. Ini digunakan untuk mengedarkan udara melalui rumah Anda, memberi Anda kenyamanan pendinginan serta pemanasan selama bulan-bulan musim dingin.

    • Rakitan koil (koil evaporator). Bagian dari unit AHU ini mengontrol berapa banyak panas yang diserap oleh udara rumah Anda sebelum mencapai tujuan akhirnya - ruang tamu Anda!

    Lokasi blower tergantung pada model unit AHU tertentu.

    Unit penanganan udara adalah perangkat mekanis yang mengekstraksi panas, kelembapan, dan kontaminan dari udara di rumah Anda dan mensirkulasikannya kembali ke ruang yang dikondisikan.


    Proses memindahkan udara di beberapa zona bangunan ini sering kali dilakukan dengan menggunakan pelembab dan dehumidifier otomatis (AHU). AHU memiliki beberapa komponen yang membantunya melakukan tugasnya secara efektif:

    • Blower: Bagian ini bertanggung jawab untuk memindahkan udara yang dipanaskan atau didinginkan ke seluruh properti Anda. Blower dapat ditempatkan di salah satu ujung unit, tergantung pada merek dan modelnya.

    • Filter udara: Filter yang bersih memastikan bahwa hanya udara bersih yang masuk ke ruang ber-AC di rumah Anda; jika komponen ini tidak berfungsi dengan baik, Anda mungkin mengalami masalah alergi atau masalah pernapasan karena ventilasi yang buruk.

    • Kipas pembuangan: Bagian ini menghilangkan kelembapan dari kamar kecil sehingga tetap bebas bakteri

    Penangan udara biasanya berbentuk persegi panjang


    Air handler adalah perangkat yang mengambil udara dari luar dan mendistribusikannya ke rumah Anda. Penangan udara biasanya berbentuk persegi panjang, tetapi bisa juga berbentuk persegi atau bulat.


    Mereka dapat dipasang di langit-langit, dipasang di lantai atau dipasang di dinding tergantung pada preferensi Anda. Beberapa portabel sehingga dapat dipindahkan di sekitar rumah sesuai kebutuhan.


    Unit kondensasi luar ruangan menyediakan daya yang dibutuhkan AHU untuk berfungsi


    Unit kondensasi luar ruangan menyediakan daya yang dibutuhkan AHU untuk berfungsi. Unit ini terletak di luar rumah Anda dan biasanya dipasang di dinding atau atap, tergantung pada seberapa banyak ruang yang Anda miliki di luar.


    Unit luar ruangan dapat berupa unit tunggal atau beberapa unit, tergantung pada ukuran dan tujuannya.


    Filter udara dan saluran balik terletak di samping atau belakang unit penangan udara.

    Unit penanganan udara adalah bagian sentral dari sistem HVAC. Mereka termasuk blower yang mengirimkan udara yang dikondisikan melalui saluran ke ruangan di rumah atau gedung perkantoran, serta kondensor dan evaporator yang menghilangkan panas dari dalam unit dan memindahkannya ke luar.


    Filter udara membersihkan udara sebelum didistribusikan ke rumah melalui saluran balik, yang membawanya kembali ke bagian dalam rumah Anda melalui bukaan setinggi lantai di satu dinding di dekat setiap kamar.


    Filter udara membersihkan udara dalam ruangan Anda dengan menghilangkan partikel kotoran baik dari ukuran besar maupun kecil sekaligus mencegah alergen seperti serbuk sari memasuki sistem HVAC rumah Anda.


    Fan Coil Unit (FCU) sebanding dengan AHU dalam hal fungsinya


    FCU juga digunakan di bangunan komersial. Mereka adalah alternatif untuk AHU yang dapat digunakan untuk memanaskan dan mendinginkan rumah hunian juga.


    Perbedaan utama antara FCU dan AHU adalah bahwa FCU tidak memiliki blower; ia memiliki koil pendingin sebagai gantinya.


    Kedua jenis peralatan tersebut menggunakan kondensor, yaitu alat yang memindahkan panas dari satu zat ke zat lain dengan mengubah air cair menjadi uap melalui proses penguapan dan kondensasi.


    Uap panas ini kemudian dapat digunakan sebagai energi untuk sistem pemanas atau pendingin seperti tungku atau AC (lebih lanjut tentang itu nanti).


    Penggantian AHU harus dilakukan oleh para profesional


    Jika Anda mencari perusahaan untuk mengganti AHU Anda, yang terbaik adalah menyewa teknisi AC profesional. Kontraktor HVAC memiliki alat dan pengalaman yang dibutuhkan untuk memasang AHU dengan benar dan aman.


    Mereka dapat melakukan ini karena mereka telah terlatih dalam desain, instalasi, pemeliharaan, dan perbaikan sistem pendingin udara. Kontraktor juga tahu cara memperkirakan biaya penggantian AHU sehingga Anda dapat merencanakannya sebelum pekerjaan dimulai.


    Anggaran Anda akan menentukan sistem A / C mana yang tepat untuk rumah Anda


    Jenis sistem yang Anda pilih akan tergantung pada anggaran Anda dan jumlah penangan udara di rumah Anda. Jika Anda mengganti unit yang ada, jangan khawatir tentang biaya unit. Namun, jika Anda memasang unit baru dan tidak yakin apakah unit tersebut lebih efisien daripada yang saat ini dipasang, hubungi kontraktor untuk membantu mengevaluasi situasi.


    Unit yang lebih besar lebih baik dalam hal efisiensi karena dibutuhkan lebih sedikit energi untuk mendinginkan ruang yang lebih besar daripada yang lebih kecil.


    Tetapi lebih besar tidak selalu lebih baik: jika Anda memiliki ruangan kecil yang membutuhkan pendinginan, maka AHU yang besar akan membuang energi dengan mengompensasi ukurannya secara berlebihan (dan dengan demikian tidak banyak udara yang bersirkulasi melalui setiap ruangan).

    Kesimpulan Ukuran Sistem Tata Udara

    Seperti yang Anda lihat, ada banyak hal yang harus dipelajari tentang apa itu AHU dan bagaimana cara kerjanya.


    Tapi jangan khawatir-Anda tidak harus menjadi seorang ahli! Jika Anda memerlukan bantuan untuk menemukan sistem pendingin udara yang tepat untuk rumah Anda, hubungi salah satu anggota tim kami hari ini.

    LihatTutupKomentar