google.com, pub-4356088970782512, DIRECT, f08c47fec0942fa0 Arti kode IP Pada Perangkat Listrik
google.com, pub-4356088970782512, DIRECT, f08c47fec0942fa0

Arti kode IP Pada Perangkat Listrik

    Begini Penjelasan Fitur IP Pada Peralatan Listrik

    Apakah Anda sudah mengetahui fungsi IP pada produk listrik? Pasti kalian sudah sering melihat tulisan Ip pada prangkat dan produk listrik seperti,lampu Led,inverter,motor listrik,baterai motor listrik dan Masih nya banyak lagi.


    Arti kode IP


    Namun,apakah anda tau arti dan fungsi nya ip ? Hal ini tercipta bermula karena perbedaan iklim lingkungan pada masing masing negara sehingga membuat para produsen perlu menyematkan fitur ketahanan pada kondisi tertentu sehingga perangkat tersebut tetap dapat berfungsi dengan baik.


    Berikut penjelasan lebih lengkap untuk memahami pengertian IP dan tujuannya.


    Pengertian Fitur Ingress Protection (IP)


    Ingress Protection (IP) adalah sebuah kode internasional yang terdiri dari angka pertama untuk benda padat(solid) dan angka kedua untuk benda cair(liquid) kode tersebut menggambarkan proteksi seperti apa yang disematkan pada perangkat listrik.


    Landasan dalam menentukan IP adalah standar sertifikasi IEC 60529. Adapun cakupan perlindungan yang dikategorikan dalam IP antara lain seperti suhu, debu, hingga ketahanan terhadap air.


    Tujuan Penggunaan IP


    Ditetapkan secara internasional, tentunya ada alasan yang kuat mengapa perangkat listrik perlu mempunyai fitur Ingress Protection (IP). Berikut ini beberapa tujuan IP:


    1. Memungkinkan perangkat listrik berfungsi secara adaptif menyesuaikan lingkungan, misalnya: industrial harsh environment
    2. Memberikan proteksi terhadap perangkat listrik sehingga mempunyai masa penggunaan yang lebih lama
    3. Menjaga performa suatu perangkat listrik sehingga tetap berfungsi dengan baik meskipun dalam kondisi ekstrim, misalnya: debu, suhu tinggi, dan lain-lain
    4. Meningkatkan efisiensi dan efektivitas industri dalam proses produksi

     

    Tabel Kode IP Lengkap dan Penjelasannya


    Untuk memudahkan Anda dalam memahami arti dari kode IP pada perangkat listrik, berikut kami sudah sediakan tabel berisi kode Ingress Protection beserta definisinya.


    Digit Pertama Kode IP Untuk Benda Padat (Solid)


    Angka pertama pada IP rating menujukan proteksi terhadap benda padat. Contohnya mencegah masuknya benda asing yang bisa mengganggu performa suatu mesin atau alat tertentu. Untuk lebih jelasnya Anda bisa memperhatikan tabel berikut:


    LevelUkuran Objek Terlindungi DariKeterangan
    0Tidak TerlindungiTidak ada perlindungan terhadap kontak dan masuknya benda
    1>50 mmSetiap permukaan besar tubuh, seperti punggung tangan, tapi tidak ada perlindungan terhadap kontak yang disengaja dengan bagian tubuh.
    2>12.5 mmJari atau benda serupa
    3>2.5 mmTools, kabel tebal, dll
    4>1 mmKebanyakan kabel, sekrup, dll
    5Terlindungi Oleh DebuMasuknya debu tidak sepenuhnya dicegah, tapi jangan masuk dalam jumlah yang cukup untuk mengganggu kenyamanan pengoperasian peralatan; perlindungan lengkap terhadap kontak.
    6Kedap DebuTidak ada masuknya debu; perlindungan lengkap terhadap kontak.

    Digit Kedua Kode IP Untuk Benda Cair (Liquids)
    Selain benda padat, kode IP biasanya diikuti dengan digit kedua yang menjelaskan proteksi terhadap benda cair. Penjelasan lengkap tercantum pada tabel berikut:

    LevelUkuran Objek Terlindungi DariKeterangan
    0Tidak TerlindungiTidak ada perlindungan terhadap kontak dan masuknya benda
    1Air yang MenetesAir menetes (tetesan vertikal) tidak akan memiliki efek berbahaya.
    2Air yang Menetes Ketika Dimiringkan hingga 15°Tetesan air vertikal tidak akan memiliki efek berbahaya bila alat dimiringkan dengan sudut hingga 15 ° dari posisi normal.
    3Penyemprotan AirAir yang jatuh sebagai semprotan di setiap sudut hingga 60 ° dari vertikal tidak akan memiliki efek yang merugikan.
    4Percikan Air/Guyuran AirPercikan air terhadap alat dari segala arah tidak akan memiliki efek yang merugikan.
    5Air JetAir diproyeksikan oleh nozzle (6.3mm) terhadap alat dari segala arah tidak akan memiliki efek berbahaya.
    6Air Jet yang Lebih KuatAir diproyeksikan dalam jet kuat (nozzle 12.5mm) terhadap alat dari segala arah tidak akan memiliki efek berbahaya.
    7Terendam Air Hingga 1 mMasuknya air dalam jumlah yang berbahaya tidak akan mungkin ketika alat direndam dalam air dalam kondisi tekanan yang ditentukan dan waktu (sampai 1 m dari perendaman).
    8Terendam Air Lebih Dari 1 mPeralatan ini cocok untuk perendaman terus menerus dalam air di bawah kondisi yang harus ditetapkan oleh pabrikan. Biasanya, ini akan berarti bahwa peralatan yang tertutup rapat. Namun, dengan beberapa jenis peralatan, itu dapat berarti bahwa air bisa masuk tetapi hanya dalam jumlah tertentu sehingga tidak menghasilkan efek berbahaya.

    Contoh Penerapan IP Pada Perangkat Listrik


    Anda pasti tahu perangkat inverter bukan? Perangkat yang mempunyai fungsi mengubah arus DC menjadi AC ini dituntut untuk dapat diaplikasikan pada berbagai lingkungan industri.


    Misalnya produk Mitsubishi Inverter A800 yang hadir dengan proteksi IP55


    Dengan adanya IP55 maka inverter dilindungi dari masuknya debu yang dapat membahayakan pengoperasian sistem.


    Tidak hanya itu melainkan, proteksi IP55 juga membuat inverter mampu digunakan pada lingkungan industri yang berat contohnya pertambangan.


    

    Selain itu, perangkat listriknya yang mempunyai fitur IP yaitu Mitsubishi Servo MR-J4. Produk ini dilindungi IP20 mencegah masuknya benda padat dengan ukuran lebih kurang 12 mm namun tidak mempunyai proteksi terhadap masuknya benda cair.

    Apabila Anda membutuhkan konsultasi atau komponen part otomasi industri bisa menghubungi

    LihatTutupKomentar