google.com, pub-4356088970782512, DIRECT, f08c47fec0942fa0 Apa yang dimaksud dengan Kabel Twisted Pair ?
google.com, pub-4356088970782512, DIRECT, f08c47fec0942fa0

Apa yang dimaksud dengan Kabel Twisted Pair ?

    Fungsi ,jenis dan cara kerja kabel twisted pair


    Saat ini, kabel tembaga twisted pair adalah yang paling umum untuk jaringan Ethernet dan instalasi telepon. Tapi seberapa banyak yang Anda ketahui tentang kabel twisted pair ? Apa yang membuatnya berbeda dari kabel lain dan ada berapa jenis kabel cable twisted pair ?

     
    Kabel Twisted Pair

    Apa itu Kabel Twisted Pair

    Kabel twisted pair adalah jenis kabel yang dibuat dengan menggabungkan dua kabel berinsulasi terpisah bersama-sama dangan pola memutar melintir sejajar satu sama lain untuk tujuan meningkatkan kompatibilitas elektromagnetik.

    Dengan memutar kabel, beberapa bagian dari sinyal kebisingan masuk ke satu arah (mengirim) sementara bagian lain berjalan ke arah yang berlawanan (menerima). Pemuntiran ini membantu meredam efek magnetis pada kabel, dan gelombang eksternal meniadakan karena lilitan yang berbeda.


    Dengan kata sederhana, dibandingkan dengan konduktor tunggal atau pasangan seimbang yang tidak dipilin, cabel Twisted Pair mengurangi efek radiasi elektromagnetik cabel Twisted Pair dan crosstalk diantara cabel Twisted Pair  lainnya dan meningkatkan penolakan interferensi elektromagnetik eksternal.


    Menurut standar EIA/TIA-568, cabel Twisted Pair diklasifikasikan ke dalam kategori yang berbeda seperti:Kabel Cat5e , Cat6 , Cat7 , Cat8 berdasarkan karakteristik kelistrikannya.

    Bagaimana cara kerja kabel twisted pair?

    secara umum cara kerja kabel twisted pair sama denga sistem kerja kabel coaxial, yaitu mengahantarkan arus atau sinyal listrik dari sumber titik awal ke tujuan.


    Jenis Kabel Twisted Pair

    Untuk mengurangi noise (suara bising yang dihasilkan dari getaran nonperiodik di udara), Tiap kabel Twisted Pair selalu ditambah pelindung (atau kabel STP) dan tanpa pasangan terpilin tanpa pelindung (atau kabel UTP) STP (Shielded Twisted Pair) dan UTP (Unshielded Twisted Pair).dibawah akan saya jelaskan detail nya.

    Kabel Twisted Pair Tanpa Pelindung

    Kabel UTP adalah kabel jaringan berbiaya rendah yang dibangun dengan sepasang konduktor berinsulasi yang dipilin bersama dan ditutup dengan kulit plastik untuk perlindungan.


    Kabel jenis ini tidak memiliki pelindung pembungkus foil atau layar pelindung yang dikepang, yang membuat diameter kabel lebih kecil. 24 AWG (kependekan dari American Wire Gauge) adalah ukuran kabel UTP yang paling sering terlihat. FS menawarkan kabel yang lebih tipis - kabel tipis Cat6 28AWG , yang mendukung bandwidth 250MHz dan Ethernet 1000-T, memungkinkan transmisi data yang lebih andal.


    Kabel UTP yang lebih tipis mudah untuk dirutekan melalui ruang yang paling sempit dan panel manajemen kabel, yang selanjutnya membantu meningkatkan aliran udara dan mengurangi risiko waktu henti jaringan.

    Penggunaan babel UTP


    Selain untuk jaringan Ethernet dan sistem telepon. UTP juga merupakan kabel yang paling umum digunakan dalam jaringan komputer, karena bandwidth kabel UTP telah ditingkatkan agar sesuai dengan pita dasar sinyal televisi, UTP sekarang juga digunakan di beberapa aplikasi video, terutama di kamera keamanan cctv.

    Keunggulan Kabel UTP

    Kabel Twisted Pair UTP Ini adalah kabel yang paling kompatibel digunakan oleh perusahaan besar yang bergerak di sistem jaringan utama,selain lebih murah dibandingkan dengan jenis media jaringan lainnya.

    Kabel Twisted Pair UTP tidak memerlukan grounding dalam pengoperasian nya,ditambah
    ukurannya yang kecil; semakin memudahkan pemasangan dalam jaringan

    Kabel Twisted Pair dengan pelindung

    Mirip dengan kabel UTP, kabel STP memilik kulit pembungkus dari foil ekstra jalinan tembaga untuk membantu melindungi sinyal kabel dari gangguan, sehingga mengangkut data lebih cepat. Kabel STP bekerja dengan menarik interferensi ke pelindung, kemudian mengalirkannya ke kabel yang diarde.

    Menurut jenis pelindungnya yang berbeda, kabel STP dapat dibagi menjadi beberapa jenis:

    • Foil Twisted Pair (FTP) - Dengan kabel FTP, setiap kabel twisted pair dibungkus dengan pelindung foil untuk melindungi kabel dari EMI dan crosstalk.
    • Shielded/Foil Twisted Pair (SFTP) - Kabel yang diklasifikasikan sebagai shielded foil twisted pair (S/FTP) adalah kombinasi dari pelindung FTP dan STP. Kabel di dalam kabel dipelintir dan kemudian dilindungi dengan pembungkus foil, kemudian pengelompokan 4-pasangan kabel yang digagalkan dilindungi oleh pembungkus foil atau saringan jalinan fleksibel. Ini memberikan tingkat perlindungan tertinggi terhadap EMI dan crosstalk.

    Aplikasi Kabel STP

    Kabel STP banyak digunakan dalam jaringan komputer dan telepon, termasuk koneksi Ethernet kabel untuk jaringan komputer, serta koneksi telepon komersial dan residensial. Karena kabel STP tahan lama dan tahan lama, dengan karakteristik pelindungnya, kabel ini juga dapat digunakan di lingkungan industri dengan gangguan elektromagnetik dalam jumlah tinggi, seperti pabrik dengan peralatan elektronik besar, dll.

    keunggulan Kabel STP

    Sebagai Perisai mengurangi kemungkinan crosstalk dan memberikan perlindungan dari gangguan.kabel jenis Ini juga mendukung kecepatan transmisi sinyal data yang lebih tinggi dan transmisi data yang lebih aman.

    Ringkasan
    Kabel twisted pair adalah media transmisi yang paling sederhana. Karakteristiknya yang mampu menghilangkan interferensi elektromagnetik dari sumber eksternal membuatnya berbeda dari jenis kabel lainnya. Konten di atas menjelaskan dua jenisnya yang berbeda - STP dan UTP, serta aplikasi dan manfaatnya yang berbeda, dengan harapan dapat memberi Anda gambaran yang lebih rinci tentang kabel twisted pair. Jika Anda mencari kabel twisted pair berkinerja tinggi untuk pemasangan kabel terstruktur Anda, FS menawarkan berbagai macam kabel tanpa pelindung dan berpelindung dengan berbagai kategori ( kabel patch Cat5e/6/6a/7/8 ) dan ukuran (24/26/ 28 AWG ) yang dirancang untuk memenuhi kebutuhan Anda.
    LihatTutupKomentar