google.com, pub-4356088970782512, DIRECT, f08c47fec0942fa0 Spesifikasi dan keunggulan Lightning Strike Counter LPI LSR2
google.com, pub-4356088970782512, DIRECT, f08c47fec0942fa0

Spesifikasi dan keunggulan Lightning Strike Counter LPI LSR2

    Arrester LPI LSR2 Counter Anti Petir

    Fungsi Lightning Counter LPI LSR2 adalah sebagai alat penghitung sambaran petir generasi terbaru buatan australia.

    LSR2 ini merupakan pengganti dari pendahulunya yaitu LSR1. Tidak ada perubahan pada spesifikasi tekhnis ketika membandingkan antara LSR1 dan LSR2.

    Lightning Strike Counter LPI LSR2

    Desain dan tampilan LSR2 berbeda dan ini akan menjadi satu-satunya perbedaan mencolok antara 2 model.

    Lightning Counter LPI LSR2 sangat mudah dipasang dilokasi manapun sepanjang rute downconductor, tujuannya adalah untuk mencatat jumlah sambaran petir yang ditangkap oleh head terminal dan disalurkan oleh downconductor.

    Spesifikasi Lightning Strike Counter LPI LSR2 
    • Material : Polycarbonate
    • Enclosure Rating: IP 65; NEMA®-4
    Dilengkapi dengan 7 digit angka alat ini mempunyai keakuratan yang handal di karenakan kepekaan akan adanya arus yang di sebabkan adanya sambaran petir.

    LPI LSR2 sangat peka,sehingga alat ini dalam pemasangan kabel penghantar tidak perlu dikupas cukup mengikat kabel penghantar dengan LPI COUNTER dengan kabel ties yang sudah terpasang.

    Surge Arrester

    Fungsi Surge Arrester adalah peralatan yang di buat menyerupai kapasitor difungsikan untuk memotong dari tegangan Surge / Paku dan melepaskan tegangan lebih ke grounding.

    Prinsip dan Struktur kerja  Surge Arrester

    Mengamankan jaringan kelistrikan dan data dari bahaya sengatan petir tanpa harus memutus jaringan sesaatpun .Disaat ada tegangan petir yang masuk ke sebuah jaringan kabel Surge Arrester Petir akan membuang tegangan lebih akibat petir ke saluran pembuangan / grounding.

    Struktur material dari Arrester terdiri dari dua buah lempeng logam yang didekatkan dengan atau tanpa material elektrikum . Untuk lempeng pertana di hubungkan ke jalur kabel yang di amankan dan lempeng kedua ke grounding tempat pelepasan tengangan lebihnya.

    Cara Kerja Arrester

    Saat terjadi lonjakan tegangan di sebuah jaringan kabel maka pada sisi kutup Anoda Arrester akan melepaskan lonjakan tegangan ke arah Katoda ( terhubung ke grounding ).Ambang batas dari seberapa besar tegangan mulai meloncat sangat tergantung dari 1. jarak kerenggangan kedua kutub anoda 2. jenis material di sela selanya.

    Semakin panjang kerenggangan dari katoda makan semakin besar ambang tegangan buang nya dan begitu juga sebaliknya.Material sela / elektrikum juga mempengaruhi , material yang seringkali di gunakan , Udara bebas , Metal Oxide varistor , keramik . Ke tiga material ini berkarakter berbeda

    Jenis Surge Arrester


    Berbagai jenis Surge Arrester yang biasa digunakan untuk mengamankan keperluan perangkat elektronik , diantaranya
    • Arrester Listrik
    • Arrester Antena
    • Arrester Data
    Dari rancangan material Arrester pada dasarnya sama menjadikan kegunaan berbeda di karenakan perbedaan jenis material selanya ( elektrikum ) , Dimensi dan mutu dan kwalitas dari material katodanya.

    Untuk kebutuhan arrester daya rendah semisal arrester Level 3 material katoda terbuat dari Kertas Tembaga dan akan jauh berbeda untuk arrester Level 1 , material katoda berupa Karbon Steel tahan karat . Sedang material elektrikumnya untuk Level 1  udara saja.
    jenis-arrester-lv-1Material Metal Oxide Varistor / MOV acapkali dimanfaatkan untuk kebutuhan arrester menengah sampai kecil karena sifatnya yang semi isolator.

    Dengan perbedaan material katoda dan elektrikum di sebuah arrester akan membuat karakteristik komponen beragam .

    Kebutuhan arrester listrik membutuhkan setidaknya 2 tahap pengamanan . Level 1 dengan kategori mampu memindahkan energi yang besar ke ground dan Level 2 dengan kategori menengah.
    LihatTutupKomentar