google.com, pub-4356088970782512, DIRECT, f08c47fec0942fa0 Skema Cara Pasang Lampu Led 220 Volt Tanpa Trafo
google.com, pub-4356088970782512, DIRECT, f08c47fec0942fa0

Skema Cara Pasang Lampu Led 220 Volt Tanpa Trafo

    RANGKAIAN LAMPU LED 220 VOLT TANPA TRAFO


    LED (Light Emitting Diode) dapat dinyalakan langsung dari tegangan 220 volt AC tanpa trafor menggunakan trafo, maka tegangan 220 volt dapat diperkecil agar sesuai dengan LED dengan cara menambahkan komponen seri , bisa berupa resistor, kapasitor maupun induktor.


    Cara Pasang Lampu Led 220 Volt


    Beragam penggunaan lampu LED semakin banyak kita jumpai sekarang ini, khususnya untuk masalah efisiensi lampu led memang jadi pilihan utama, dibandingkan dengan lampu bohlam konvensional.


    Konsumsi daya yang rendah dan cahaya yang dihasilkan juga menjadi kelebihan tersendiri lampu led.


    Hal yang menjadi  perhatian dari LED adalah lampu jenis ini bekerja pada tegangan DC yang voltase nya kebanyakan rendah, untuk itu kita memerlukan tambahan power supply yang sesuai dengan tegangan  kerja dari LED tersebut apabila ingin memasangnya.


    Namun bukan berarti tidak ada cara memasang lampu LED 220 volt tanpa trafo karena semau bisa dimodifikasi dan dilakukan dengan kreatifitas yang baik.


    Kita tetap dapat menggunakan lampu LED pada tegangan listrik PLN tanpa menggunakan transformator, tentu dengan tambahan beberapa komponen kecil yang lebih mudah dan murah didapatkan daripada trafo.


    Untuk mengaplikasikan LED pada tegangan  listrik 220 volt tanpa memakai trafo tentu memerlukan komponen tambahan, diantaranya adalah resistor dengan  nilai tahanan tinggi sebagai komponen utama, dan dioda sebagai komponen yang melengkapi sehingga LED dapat menyala karena tegangan ac sudah diubah menjadi dc.


    Cara Pasang Lampu Led 220 volt

    Pada gambar diatas kita dapat melihat beberapa komponen tambahan yang diperlukan untuk menyalakan LED pada tegangan listrik 220 volt tanpa menggunakan trafo, diantaranya adalah resistor, dioda bridge, capasitor,  dan fuse.


    Pada prinsipnya yang akan menghambat tegangan listrik 220 volt agar besaran tegangannya turun adalah resistor dengan nilai 1M ohm, ini akan membuat output listrik menjadi sangat rendah sehingga aman untuk menyalakan lampu LED.


    Namun itu saja belum cukup, harus ada tambahan dioda sebagai pennyearah tegangan yang mengubah listrik AC menjadi tegangan DC, dan kemudian ditambahkan pula capasitor sebagai filter sehingga tegangan  yang dihasilkan akan lebih bersih dari noise.


    Karena kalau tegangan  masih ada noise dapat menyebabkan lampu LED seperti berkedip-kedip dan tidak stabil saat menyala.

     

    Power Supply 220 VAC to 12 VDC Tanpa Trafo.
    LihatTutupKomentar