google.com, pub-4356088970782512, DIRECT, f08c47fec0942fa0 Jenis cooling tower dan cara kerja cooling tower
google.com, pub-4356088970782512, DIRECT, f08c47fec0942fa0

Jenis cooling tower dan cara kerja cooling tower

    Pembahasan Lengkap Cooling Tower


    Terlepas dari segmen industri atau jenis produksi, jumlah panas yang dihasilkan oleh peralatan yang terkait dengan proses produksi besar, terutama selama fase pemanasan dan reaksi.


    cooling tower


    Untuk memahami pengoperasian  cooling tower,  kita harus memahami bahwa mesin cooling tower menggunakan proses fisik air industri untuk melakukan pendinginan. Air industri adalah air yang melewati proses industri dengan cara tertentu.


    Dalam pengoperasian sistem cooling tower, air panas industri dipompa ke dalamnya. Kemudian dituangkan melalui sistem distribusi ke pengisian kontak. Dan saat itulah pendinginan terjadi. Udara dingin yang dihisap oleh kipas bersentuhan dengan air panas. Hal ini memicu proses penguapan dan mengambil panas dari air, yang kemudian menuju reservoir menara dan kembali berproduksi.


    Dari sini, penting bahwa semua panas yang dihasilkan ini dikendalikan, menghindari kerusakan pada mesin dan menghasilkan efisiensi yang produktif. Di situlah sistem pendingin sangat penting.


    Dengan beberapa cara untuk melakukan pendinginan, cooling tower dapat disebut sebagai salah satu metode utama, terutama karena rasio biaya-manfaatnya yang tinggi.


    Penting untuk digarisbawahi bahwa ada berbagai jenis cooling tower, masing-masing dengan operasi dan aplikasi spesifiknya sesuai dengan kebutuhan dan jenis industri dan produksinya.


    Hari ini, di artikel ini Anda akan mendapatkan banyak informasi tentang cooling tower, serta:


    – Apa itu cooling tower; – Untuk apa cooling tower? – Pengoperasian cooling tower; – Jenis cooling tower; – Pemeliharaan cooling tower dan kepentingannya.



    Selama pembacaan dan/atau kesimpulan yang sama, jika ada keraguan, Multiagua memiliki tim khusus yang dapat membantu Anda dalam berbagai proses sistem pendingin Anda, terutama yang terkait dengan perawatan dan perawatan air di menara Anda. .

     

    Apa itu cooling tower?


    Dengan asumsi prinsip yang kami sebutkan di awal, di mana fungsi cooling tower adalah untuk melakukan, seperti namanya sendiri memberitahu kita, pendinginan selama proses produksi industri, cooling tower tidak lebih dari bertanggung jawab untuk melakukan penghapusan panas, mentransfer panas limbah ke atmosfer.


    Dalam bentuk aplikasinya yang paling umum, cooling tower digunakan untuk mengubah suhu air yang bersirkulasi dalam peralatan selama produksi, sehingga ditemukan di beberapa segmen industri, seperti: industri kimia, kilang minyak, industri makanan, tekstil. daerah, rumah sakit, gedung, pembangkit listrik, di antara banyak lainnya.


    Selain untuk melakukan pertukaran panas, cooling tower juga diterapkan untuk meningkatkan kinerja mesin, mengurangi waktu yang dihabiskan dalam proses produksi dan menghasilkan penghematan.


    Untuk apa cooling tower dan manfaatnya?


    Semakin dicari oleh industri dan mendapatkan banyak bukti di pasar, pendinginan air dari penggunaan cooling tower akhirnya menjadi sangat diperlukan, terutama karena banyak manfaat yang dihasilkan untuk industri.


    Kita sudah tahu bahwa cooling tower melakukan pertukaran termal air, mengurangi panas yang dihasilkan dalam proses produksi, tetapi perlu disebutkan bahwa, jauh di luar itu, cooling tower bertanggung jawab atas beberapa faktor penting lainnya untuk industri.


    Periksa di bawah daftar beberapa keuntungan dan faktor utama yang terkait dengan cooling tower dan proses produksi:

    • Pengurangan kemungkinan dan kemampuan untuk menghindari panas berlebih selama tahap produksi
    • Produktivitas yang lebih tinggi jika dikaitkan dengan penukar panas
    • Perbaikan di beberapa aspek terkait efisiensi di semua tahapan proses produksi;
    • Pengurangan limbah yang terkait dengan penggunaan air, menghasilkan penghematan. Faktor yang terjadi karena kemungkinan air disirkulasikan kembali dan digunakan kembali dalam produksi setelah laju panasnya dikendalikan
    • Kapasitas energi peralatan yang terlibat dalam produksi industri sekarang bergantung pada cooling tower untuk meningkatkan kapasitas energinya, sehingga memperoleh pengurangan biaya energi yang cukup besar
    • Tingkat kontrol panas yang tinggi selama proses produksi, memungkinkan pengurangan waktu henti teknis dan, akibatnya, meningkatkan kapasitas produksi.

    Tetapi bagaimana sebenarnya cooling tower bekerja untuk memungkinkan industri mencapai ini dan banyak manfaat lainnya? Lihat di bawah untuk penjelasan singkat tentang cara kerja peralatan penting ini.


    Cara kerja cooling tower


    Sebelum kita berbicara tentang cara kerja cooling tower, penting untuk diklarifikasi bahwa, menurut setiap jenis menara, mungkin ada beberapa variasi dalam proses penghilangan panas dari air. Tapi, kita akan mulai dari prinsip dasar pengoperasiannya dan nanti kita akan berbicara tentang masing-masing jenis cooling tower, menyoroti perbedaannya.


    Secara umum, air yang perlu melewati pertukaran panas masuk ke cooling tower melalui beberapa lubang yang dapat ditemukan di atasnya dan dibawa ke dasarnya, di mana reservoir akumulasi berada.


    Selama jalur yang dilalui air dari puncak menara ke dasar, beberapa elemen hadir untuk meningkatkan kontak air dengan udara yang bertanggung jawab untuk pendinginan yang sama. Faktor yang meningkatkan kondisi dan kemudahan pertukaran panas.


    Agar pertukaran panas antara air dan udara terjadi, bagian tertentu dari air yang masuk ke cooling tower menguap, dan kira-kira setiap 5% dari total volume air yang masuk, 1% berakhir menguap. Penting untuk mengatakan bahwa fakta ini mengarah pada peningkatan konsentrasi padatan terlarut dalam air, sehingga penting untuk melakukan perawatan yang sama nanti, subjek yang akan kita bahas nanti di artikel ini.


    Beberapa faktor penting untuk diperhatikan agar terjadi pertukaran panas yang efisien, seperti:

    • Waktu kontak antara air yang masuk ke cooling tower dan udara yang bertanggung jawab untuk menghilangkan panas; – Suhu lingkungan tempat cooling tower berada; – Kemegahan permukaan menara.

    Selanjutnya, lihat berbagai jenis cooling tower dan cara kerjanya masing-masing.


    Jenis cooling tower


    Langkah pertama untuk berbicara tentang jenis cooling tower adalah memahami bahwa peralatan ini dapat dibedakan menurut banyak faktor, seperti aplikasi industrinya, suhu air, jumlah air yang tersedia dan yang akan didinginkan, antara lain.


    Dari sini, cooling tower dapat diklasifikasikan menjadi tiga jenis sistem, yaitu: sistem terbuka, sistem semi terbuka, dan sistem tertutup. 


    Cara lain untuk mengklasifikasikan sistem ini adalah dengan metode perpindahan panas yang digunakan oleh cooling tower. Perpindahan ini dapat dilakukan dengan pertukaran panas kering (yang terjadi pada sistem sirkuit tertutup), pertukaran panas basah (yang terjadi pada sistem sirkuit terbuka) dan pertukaran panas campuran atau hybrid (yang juga terjadi pada sirkuit tertutup, sangat mirip dengan pertukaran panas kering). . 


    Untuk pemahaman yang lebih baik tentang masing-masing jenis sistem cooling tower, kami akan membahas masing-masing secara lebih rinci di bawah ini.


    cooling tower sirkuit terbuka


    Jenis sistem di cooling tower ini bekerja dari pertukaran panas langsung antara air dan udara, memperoleh efisiensi maksimum dalam proses pendinginan.


    Jenis cooling tower ini biasanya dikonfigurasi untuk ditempatkan di tempat-tempat yang memiliki ketersediaan air yang besar, yang harus berkualitas memuaskan dan suhu rendah.


    Di antara kekuatan untuk memilih sistem ini, kami dapat menyebutkan investasi awal yang rendah. Di sisi lain, selain membutuhkan permintaan tinggi akan air yang tersedia, sistem terbuka praktis tidak layak untuk melakukan perawatan pencegahan di dalam air, yang menyebabkan tingginya tingkat pembuangan air yang masih panas ke lingkungan.


    cooling tower sirkuit tertutup


    Berbeda dengan sistem terbuka, cooling tower dengan sirkuit tertutup melakukan pertukaran panas secara tidak langsung, yaitu air melewati menara di dalam saluran sehingga pendinginan dilakukan.


    Untuk sistem jenis ini, ada kemungkinan menggunakan air atau fluida pendingin sebagai fluida kerja.

    Penggunaannya terjadi, terutama, ketika perlu untuk mengontrol suhu pada tingkat yang lebih tinggi atau lebih rendah dari sistem semi-terbuka.


    Perbedaan penting lainnya antara sistem tertutup dibandingkan dengan sistem terbuka adalah bahwa sistem ini membutuhkan investasi awal yang lebih tinggi, selain terbatas untuk aliran yang besar.


    Di sisi lain, kehilangan air melalui penguapan jauh lebih kecil, selain menawarkan kontrol suhu yang lebih rendah dan kemungkinan perawatan pencegahan untuk kemungkinan masalah yang terkait dan disebabkan oleh air.


    cooling tower dengan sirkuit semi-terbuka


    Berbeda dengan sistem tertutup, jenis rangkaian ini menawarkan kemungkinan penggunaan pada pembangkit yang membutuhkan pendinginan untuk laju aliran yang besar dalam sirkulasi.


    Namun, ini memiliki nilai positif karena menggunakan sedikit air dan juga memiliki kemungkinan perawatan pencegahan untuk masalah yang disebabkan oleh air.


    Perbedaan lain yang dimiliki sistem ini jika dibandingkan dengan sistem tertutup adalah tidak memenuhi kemungkinan pendinginan hingga suhu yang jauh lebih rendah daripada suhu bola basah. Selain itu, masih memiliki sisi negatif dalam menghadirkan biaya investasi awal yang tinggi.


    Pendinginan kering, basah, dan hibrid


    Selain ketiga jenis rangkaian yang disebutkan di atas, ada tiga cara pendinginan air, yaitu: pendinginan kering, basah, atau hybrid. Lihat di bawah untuk detail masing-masing.


    Pendinginan Kering


    Ditemukan dalam sistem sirkuit tertutup, jenis pendinginan ini dilakukan dengan pertukaran panas antara air yang akan didinginkan dan udara, yang berkontribusi terhadap non-pemborosan air.


    Pendinginan jenis ini dilakukan agar air yang akan didinginkan melewati pipa dan bersentuhan dengan arus udara yang mengubah suhu dengan saluran tersebut.


    pendinginan basah


    Jenis pendinginan ini dilakukan melalui penggunaan air, tetapi juga digunakan dalam sirkuit tertutup.


    Di sini, air yang akan didinginkan juga melewati pipa, yang akan dikelilingi oleh air dingin, dan pertukaran panas terjadi di antara mereka.


    Poin penting lainnya adalah keberadaan kipas untuk menjaga suhu air yang mengelilingi pipa selalu rendah.


    pendingin hibrida


    Ditemukan di cooling tower modern, jenis pendinginan ini menggunakan air dan udara untuk bertukar panas.


    Menawarkan efisiensi tinggi, pertukaran panas untuk permintaan kecil dilakukan melalui sprinter udara dan air dipicu saat permintaan meningkat.


    Pemeliharaan cooling tower dan pentingnya


    Seperti halnya mesin lain yang digunakan dalam proses produksi industri, cooling tower juga menuntut perhatian dan pemeliharaan preventif yang harus dilakukan secara berkala, selalu mencari kinerja terbaik dari peralatan dan menghindari masalah operasional yang mungkin timbul selama operasi. waktu dan kegunaannya.


    Beberapa tindakan yang dilakukan selama pemeliharaan preventif adalah


    -Pembersihan umum struktur; – Pembersihan nozel dan pipa; - Pemeriksaan suku cadang, suku cadang listrik dan motor.

    Penting juga agar air yang bersentuhan dengan cooling tower menjalani perawatan, menghindari berbagai kerusakan dan menghasilkan manfaat agar berfungsi dengan baik, seperti:

    Pengurangan keberadaan zat korosif dan pembentukan kerak di pipa; – Penurunan akumulasi padatan tersuspensi; – Pengendalian zat berbahaya, seperti bakteri dan mikroorganisme; – Memperpanjang masa manfaat dan efisiensi peralatan dan produksi; - Mencegah kemungkinan terjadinya kecelakaan kerja.


    Perawatan yang benar dari air umpan cooling tower sangat penting untuk meminimalkan kemungkinan masalah kimia, fisik, atau biologis pada peralatan.


    Dengan rangkaian produk kimia khusus untuk pencegahan dalam sistem pendingin , Multiagua menawarkan perawatan lengkap untuk cooling tower Anda, dengan tim yang mengkhususkan diri dalam subjek dan solusi untuk:


    Perlindungan anti-korosi; – Perlindungan kerak; – Pengendalian mikrobiologis; – Kontrol drainase; – Pasokan skid, softener dan pompa metering.Melalui rangkaian bahan kimia pencegahan, kami merawat Kondensor Evaporatif, cooling tower, dan Unit Air Dingin.


    PERLINDUNGAN ANTI KOROSI DAN KERAK


    Sistem pendingin menggunakan air dari berbagai sumber seperti bawah tanah (sumur), permukaan (sungai dan sungai), bendungan (kolam, tangki) dan bahkan digunakan kembali (hujan, limbah) sebagai cairan.


    Hal ini umum di mereka semua, potensi Korosif dan Kerak dalam sistem dari penguapan yang diperlukan untuk pertukaran termal (pendinginan), dengan demikian, tindakan pencegahan untuk menghambat, membubarkan dan menyerap garam terlarut dan elemen korosif yang terkonsentrasi di sistem.


    Produk kimia kami dari rangkaian MULTIPERSE dan MULTICOR adalah solusi ideal untuk perawatan pencegahan air dalam sistem ini, memastikan bahwa permukaan pertukaran panas bebas dari endapan dan sepenuhnya pasif.


    KONTROL MIKROBIOLOGIS


    Faktor-faktor seperti suhu, oksigen dan sinar matahari merupakan penyebab utama pertumbuhan mikrobiologi Algae, Fungi dan Bakteri dalam sistem pendingin. Ketika dipenuhi oleh mikroorganisme ini, kinerja termal dan presentasi visual sangat terganggu dan menyebabkan kerusakan serius pada proses.


    Untuk Kontrol Mikrobiologis yang efisien, kami telah mengembangkan lini produk kimia MULTIBIO yang merupakan biosida spesifik untuk air industri, dengan efek kejut atau untuk dosis berkelanjutan dan disertai dengan kontrol ketat oleh Biolaminotest.


    KONTROL DRAINASE

    Konsentrasi garam terlarut dalam air make-up, ditambah dengan pencemaran udara (debu, dedaunan) akan membentuk lumpur yang akan diendapkan di daerah dengan kecepatan rendah.


    Untuk dekonsentrasi yang efisien, peralatan MULTIFLOW  mengontrol volume dan waktu aktivasi pompa drainase, menjamin pengulangan operasi dan memungkinkan penyesuaian sesuai dengan analisis kimia fisik air yang beredar.


    PASOKAN SKIDS, SOFTENERS DAN DOSING PUMPS

    Peralatan ini dievaluasi dalam diagnosis dan ditentukan dalam Pengembangan Program Perawatan Pencegahan.


    Pompa pengukur yang disiapkan untuk produk kimia sangat penting untuk memastikan penerapan jumlah yang dibutuhkan secara teknis.


    Pelembut menghilangkan kesadahan total air make-up dari menara evaporasi dan kondensor, mencegah elemen Kalsium dan Magnesium bersentuhan dengan penukar panas dan mengendap dalam bentuk Garam Berlapis.


    KUALITAS

    Klik listrik telah disertifikasi oleh ISO 9001 sejak tahun 2005, memastikan bahwa semua kegiatan dikelola oleh sistem mutu dan dipantau untuk proses perbaikan berkelanjutan.


    Perusahaan memiliki Sertifikat dan Lisensi yang mengatur kegiatan sebelum inspeksi badan CETESB, FEDERAL dan POLISI SIPIL, IBAMA, DEPARTEMEN PEMADAM KEBAKARAN, CRQ.


    PPE: Condenser And Cooling Tower

    What Is Cooling Tower And Types of Cooling Tower

    LihatTutupKomentar