Pengertian Listrik dan Dasar Dasar Kelistrikan


    Jika kita bicara tentang kelistrikan kita juga harus mengetahui sifat sifat dari listrik tersebut, karena listrik memberi kenaikan kepada 4 gaya dasar alami lo.

    Dasar Dasar Kelistrikan
    kliklistrik.my.id

    Dan kerena sifatnya yang tetap dalam benda jadi bisa diukur. Karena jumlah listrik digunakan juga dengan muatan listrik dan juga jumlah muatannya. Dan kelistrikan juga bisa dikatakan sebagai sifat benda yang muncul dari adanya muatan listrik.

    Seperti yang kita tahu listrik sangat membantu kehidupan kita sehari hari. kalian tau tidak apa itu listrik? Ya listrik adalah aliran electron dari atom ke atom pada sebuah penghantar atau suatu energy yang sangat berpengaruh dan bisa dimanfaatkan bagi kehidupan sehari hari.

    karena bisa menggerakan berbagai alat elektronik yang berfungsi guna mempermudah dan mempercepat pekerjaan manusia.
    dan lisrik juga terbagi menjadi 2, ada listrik dinamis dan listrik statis. Dimana itu semua dibedakan berdasarkan muatan energy yang terkandung pada suatu benda. Disini saya juga akan menerangkan tentang listrik statis dan dinamis, kita simak yuk.

    1. Listrik Statis
    Ya listrik statis adalah sebuah energy yang terkandung pada sebuah benda yang bermuatan listrik. Karena muatan yang dikandung benda tersebut dapat bermuatan positif ataupun negative. Jika kita lebih teliti lagi, semua zat tersebut muncul karena adanya sejumlah atom.

    Dan setiap atim mempunyai iti atom yang terdiri dari electron dan proton yang mengitarinya. Inilah yang menyebabkan adanya muatan positif dan negative, proton mempunyai muatan listrik yang bersifat positif sedangkan electron mempunyai muatan liastrik yang berdifat negative.

    Nah pada saat zat atau benda saling bergesekan, material yang meiliki daya Tarik lebih lemah akan ditarik elektronnya dan menempel pada benda yang daya tarikya lebih kuat. Dan dari kedua zat tersebutpun memiliki muatan listrik, yang dimana material elektronnya akan hilang. Dan dengan demikian akan mempunyai muatan yang positif dan jika material yang mendapat electron makan muatnnya pun akan menjadi negative.

    Dan listrik statis juga bisa diartikan sebagai kumpulan muatan listrik dalam jumlah yang tertentu yang tetap statis. Katena ketidakseimbangan muatan listrik di dalam atau permukaan benda, muatan lisrik akan tetap terus ada dalam dalam sebuah benda sampai benda tersebut kehilangan arus listrik atau juga bisa dengan cara melepaskan muatan listrik.

    Dan listrik statis juga memiliki konsep dasar karena muatan listrik muncul dengan adanya sebua perpindahan electron dari benda ke benda yang lainnya. Selain itu terdapat juga dua muatn listrik diantaranya muatan positif dan muatan negative.

    Dan benda yang memiliki muatan sejenisnya jika didekatkan akan saling tolak menolak apabila didekatkan, dan begitupun sebaliknya apabila yang meiliki muatan berbeda, maka mereka akan saling Tarik menarik satu sama lain. Interaksi ini biasanya dapat disebut dengan gaya coulomb.
    Dan berikut ini adalah Contoh Listrik Statis :
    • Penggaris yang digosok gosokan ke rambut atau tangan kering akan menarik potongan kertas kecil.   
    • Menggosokan balon dengan tangan.
    • Kain sutra yang digosok gosok dengan batang kaca.
    • Penggaris plastik digosok dengan kain woll. Kedua benda tersebut memiliki muatan netral, tetapi saat dua benda tersebut digesekkan maka akan ada perpindahan elektron dari kain woll ke penggaris plastik. Sehingga pada penggaris plastik akan mempunyai muatan negatif, sedangkan untuk kain woll akan mempunyai muatan positif.
    • Saat anda menyisir rambut, karena apa kalian tidak menyadari jika rambut akan terbawa berdiri sendiri beriringan jika digerakan dengan sisir. Hal ini lah yang dinamakan sebuah interaksi muatan antar sisir dan rambut.


    2. Listrik Dinamis
    Listrik Dinamis adalah listrik yang dapat bergerak. Dan cara mengukur kuat arusnya pada listrik dinamis denengan muatan listrik sebagai waktu dengan satuan muatan listriknya yaitu coulomb sedangkan satuan waktunya yaitu detik. Dan jika kuatnya arus pada rangkaian itu bercabang maka sama dengan kuatnya arus yang masuk dengan kuatnya arus yang keluar.

    bukan hanya itu pada sebuah rangkaian seri, kuatnya arus listrik tetaplah masih sama di setiap ujung ujung hambatan. Dan begitu juga sebaliknya, jika tegangan listrik berbeda pada hambatan pada rangkaian seri, maka untuk tegangan juga bergantung pada sebuah hambantannya. Namuan  ya pada rangkaian yang bercabang soal tegangan tidaklah menjadi berpengaruh pada hambatannya.
    Berikut ini Pengertian Listrik Menurut Para Ahli
    •    Joyce James, Colin Baker dan Helen Swain, listrik merupakan sebuah aliran gerakan atau aliran electron yang merupakan sebuah partikel partikel bermuatan negative yang ditemukan pada suatu atom.
    •  Heinz Frick dan Pujo L, listrikadalah energy yang dapat diubah menjadi energy lainnya, seperti menghasilkanpanas, cahaya, gerak, dan kimia. 
    • Agung Wijaya, listrik adalah kebutuhan primer menusia.
    •  Gatut Susantu dan Sasi Agustoni, listrik adalah  sember energy yang disalurkan melalui penghantar.
    • Aip Saripudin, listrik adalah energy yang paling sering dan banyak dimanfaatkan oleh manusia.
    • Mikrajudin, listrik adalah suatu energy. Selian BBM listrik juga sangat penting bagi kehidupan manusia.
    • Thomasnet.com, listrik adalah sebuah energy yang mudah diubah ubah menjadi berbagai jenis energy.

    Dan listrik juga memiliki besaran besarannya. Dan biasanya energy listrik dinyatakan dengan menggunakan besaran besaran listrik tertentu seperti berikut ini:

    1. Arus Listrik
    Ya Arus Listrik adalah jumlah muatan yang muncul karena adanya sebuah pergerakan pada electron pada satu rangkaian listrik. Dan arus listrik berlawanan denga arah gerakan electron. Satuan arus listrik yaitu Ampere.

    2. Tegangan Listrik
    Teganag Listrik adalah sebuah perbedaan potensial listrik yang biasanya terjadi pada 2 titik yang ada dalam satu rangkaian listrik. Tegangan listrik mempunyai satuan yaitu Volt dan kemudian diukur dengan menggunakan Voltmeter.

    3. Hambatan Listrik
    Dan Hambatan Listrik adalah perbandingan antara tegangan suatu alat elektronik listrik dengan arus listrik yang melalluinya. Dan hambatan listrik mempunyai satuan yang dinyatakan dalam satuan ohm, dan selanjutnya akan diukur dengan satuan ohmmeter.

    4. Gaya Gerak Listrik
    Gaya Gerak Listrik adalah besarnya energy listrik yang bisa diubah menjadi bukan listrik atau pun bersaran energy lainnya yang bisa diubah menjadi energy listrik. Dan gaya gerak listrik mempunyai satuan yang dinyatakan daalam satuan volt, dan selanjutnya diukur dengan menggunakan alat voltmeter.

    5. Muatan Listrik
    Muatan Listrik adalah muata dasar yang biasanya dimiliki oleh sebuah benda yang mengandung listrik yang bisa membuatnya mengalami gaya tertentu terhadap benda listrik yang ada disekitarnya. Dan muatan listrik mempunyai satuan yang dinyatakan sebagai satuan coulomb.

    6. Kapasitansi
    Kapasitansi adalah takaran jumlah muatan listrik yang bisa dan dapat di cadangkan sebagai potensial listrik yang jumlahnya sudah ditentukan.

    7. Induktansi
    Dan induktansi adalah suatu sifat yang rankaian pada elektronika yang mampu membuat energy potensial listrik secara proporsional terhadap arus listrik pada rangkaian listrik.
    LihatTutupKomentar