google.com, pub-4356088970782512, DIRECT, f08c47fec0942fa0 Apakah arti R S T G Dan N pada sistem kelistrikan 3 phase
google.com, pub-4356088970782512, DIRECT, f08c47fec0942fa0

Apakah arti R S T G Dan N pada sistem kelistrikan 3 phase

    Mempelajari Arti Simbol R S T N dan G Pada Kelistrikan 3 Fasa


    Pada artikel ini kita akan mempelajari arti-arti dari huruf R, S, T, G dan N pada sistem kelistrikan 3 phase atau penulisan huruf R S T  pada penghantar 3 phase.


    Pembacaan kode R, S, T dan N atau penulisan huruf pada R S T N pada penghatar kabel memiliki arti ,huruf atau kode ini pasti selalu indentik dengan Listrik 3 phase, Terkadang juga kita menemukan penulisan lebel huruf G pada listrik 3 phase,dimana artinya merujuk sebagai Tanda grounding.

    Arti Simbol R S T N
    www.kliklistrik.my.id

    Mungkin simbol huruf N teman-teman sudah paham.Lalu Apa sih arti dari R, S, T, G dan N pada listrik 3 phase atau kepanjangan dari R, S, T, G dan N pada listrik 3 phase, nah mungkin kebanyakan punya pendapatnya masing-masing.akan tetapi untuk lebih jelas nya mari kita jabarkan Apakah arti R S T G Dan N pada sistem kelistrikan 3 phase.


    Saat kalian melihat sistem kelistrikan motor listrik 3 phase memang terdapat tulisan yang mengacu pada Rpm, Speed, Torque, jika di simbolkan pada Arti huruf sistem kelistrikan pada penghantar 3 phase R S T adalah Rpm, Speed, Torque.

    Arti Simbol R S T Pada Listrik 3 Fasa


    Pengertian listrik fasa adalah bagian listrik yang memiliki tegangan sehingga apabila dicek menggunakan alat tespen maka tespen tersebut akan menyala.

    Apakah ada kepanjangan dari huruf R S T tersebut?


    Perlu kalian ketahui bahwa dalam dunia kelistrikan simbol fasa tidak hanya disimbolkan sebagai R (fasa 1), S (fasa 2) dan T (fasa 3) melainkan juga disimbolkan dengan huruf lain.


    Beberapa simbol fasa lain adalah L (berarti Line). Untuk membedakan antara fasa 1 / 2 / 3 maka setelah huruf L diberikan keterangan angka, Sehingga L1 (fasa 1), L2 (fasa 2) dan L3 (fasa 3).


    Selain simbol fasa (R S T) dan (L), rupanya listrik fasa biasa juga disimbolkan dengan huruf (F) itu sendiri sehingga F1 (fasa 1), F2 (fasa 2) dan F3 (fasa 3).


    Oleh karena itu simbol R S T kemungkinan hanya sebuah penyimbolan untuk membedakan antara fasa 1, fasa 2 dan fasa 3.yang merujuk pada kelistrikan motor 3 fasa yang berarti R (rpm), S (Speed) dan T (Torque). Namun aturan tersebut tidak akan berlaku jika menggunakan simbol (U V W) pada motor listrik 3 fasa.

    Merujuk aturan diatas,maka warna kabel bisa menggunakan aturan PUIL 2000 namun lebih baik lagi jika mulai saat ini para instalatur listrik menggunakan aturan PUIL terbaru versi 2011.


    LihatTutupKomentar