google.com, pub-4356088970782512, DIRECT, f08c47fec0942fa0 Apa yang dimaksud Cca baterai (Cold Cranking Ampere}
google.com, pub-4356088970782512, DIRECT, f08c47fec0942fa0

Apa yang dimaksud Cca baterai (Cold Cranking Ampere}

    Apa pengertian Cold Cranking Amps (CCA)


    Diantara sistem kelistrikan sebuah mesin starter , Tahapan starter merupakan bagian dari sistem kelistrikan kendaraan yang sumber listriknya murni memakai baterai.


    Baterai merupakan komponen utama sebagai sumber listrik pada sebuah sistem kelistrikan di kendaraan. Karena baterai bekerja sebelum mesin hidup, oleh sebab itu kodisi baterai harus selalu dijaga tetap optimal.


    arti Cold cranking ampere

    Dalam melakukan perawatan baterai, perlu diketahui istilah yang sering digunakan untuk menunjukkan kapasitas dari baterai tersebut yaitu CCA (Cold Cranking Ampere), RC (Reserve Capasity) dan AH (Ampere Hour).


    Pengertian CCA adalah Petunjuk peringkat yang digunakan dalam industri baterai untuk mengukur kemampuan baterai sebelum menghidupkan mesin pada suhu dingin. peringkat mengacu pada jumlah amp yang dapat dihasilkan oleh baterai 12 volt pada 0 ° F selama 30 detik sambil mempertahankan voltase setidaknya 7,2 volt per sel. Semakin tinggi peringkat CCA, semakin besar daya awal pada baterai.


    Cold Cranking Ampere (cca)  merupakan sebutan pengganti dari Ampere Hour (Ah) kedua istilah ini merujuk kepada kapasitas arus maksimum aki untuk bisa bertahan sebelum kosong disaat melakukan Tarikan start awal yang merupakan istilah umum yang sering di indonesia. 


    Secara umum, lebih mudah untuk menghidupkan mesin di lingkungan yang hangat daripada di lingkungan yang dingin. Peringkat mengacu pada jumlah amp yang dapat dihasilkan oleh baterai 12 volt pada 0 ° F selama 30 detik sambil mempertahankan tegangan setidaknya 7,2 volt. Semakin tinggi peringkat CCA, semakin besar daya awal baterai.


    Pertimbangkan Peringkat CCA jika berada di daerah Dingin


    Jika Anda tinggal di iklim yang dingin, peringkat CCA adalah pertimbangan yang lebih penting daripada jika Anda tinggal di iklim yang lebih hangat.

    Pada suhu dingin Daya awal baterai menurun seiring usia pemakain baterai, Baterai baru dengan daya awal yang lebih tinggi akan memberi lebih banyak kemampuan mengeluarkan semua tegangan dari awal.


    Perlu diketahui disaat mengganti baterai lama dengan baterai  OEM yang memiliki CCA lebih rendah daripada peralatan aslinya dapat mengakibatkan kinerja yang buruk.hal ini telah di buktikan melalui tes oleh produsen Battery Council International, Salah satu ukuran yang dapat ditentukan dari tes standar tersebut adalah berapa banyak cold cranking amp (CCA) yang dapat dihasilkan baterai.

    Berapa minimal CCA aki mobil?

    Meskipun dibeberapa daerah indonesia memiliki suhu  yang bisa turun di bawah sampai nol ,anda cukup menggunakan aki mobil dengan minimal CCA sekitar 265CCA hingga 400CCA, bila CCA aki mobil terlalu tinggi juga akan membuat daya pada aki cepat terkuras, maka biasanya rating CCA diimbangi dengan jumlah kapasitas aki yang dipasang.


    Secara umum, lebih mudah untuk menghidupkan mesin di lingkungan yang hangat daripada di lingkungan yang dingin. Jika Anda tinggal di iklim dingin, peringkat CCA menjadi pertimbangan penting dalam memilih baterai pengganti baru untuk kendaraan Anda.


    Pertanyaan yang sering kami dapatkan adalah, “Haruskah saya membeli baterai berdasarkan peringkat CCA?” Meskipun menurut kami CCA harus dipertimbangkan, Teryata sangat sedikit orang mengambil keputusan membeli baterai berdasarkan kapasitas CCA.


    Meskipun dibeberapa daerah indonesia memiliki suhu  yang bisa turun di bawah sampai nol di daerah puncak papua maupun bromo, seharusnya Baterai memenuhi rekomendasi pabrikan untuk Ampere Hour disaat start awal dingin, tetapi dalam kebanyakan kasus, membeli baterai dengan 300 CCA tidak diperlukan.

    LihatTutupKomentar