google.com, pub-4356088970782512, DIRECT, f08c47fec0942fa0 Busbar Tembaga
google.com, pub-4356088970782512, DIRECT, f08c47fec0942fa0

Busbar Tembaga

    fungsi busbar untuk apa

    Busbar Tembaga, juga disebut Busbar, adalah produk dasar untuk digunakan pada panel listrik dan pemutus sirkuit, yang menghantarkan arus listrik dalam jumlah besar.


    fungsi busbar

    Bahan ini dapat memiliki berbagai macam aplikasi penggunaan mulai dari panel listrik tegangan rendah hingga kabinet dan papan distribusi yang lebih kuat.


    Penerapan tembaga untuk pekerjaan ini tidak sia-sia, bagaimanapun, itu adalah bahan yang mulia dengan konduktivitas listrik yang besar. Buktinya adalah penerapannya di sebagian besar kabel listrik dan elektronik di berbagai segmen, mulai dari instalasi industri hingga komponen elektronik.


    Apa itu busbar atau busbar tembaga?


    Busbar tembaga memiliki karakteristik penghantaran arus listrik yang baik. Pada dasarnya, mereka adalah batangan tembaga padat, biasanya elektrolitik.


    Karena konduktivitas listriknya yang sangat baik, tembaga adalah bahan yang dipilih untuk membuat batangan, dan ini dapat diterapkan di:

        • Panel listrik
        • Colokan
        • Kabin listrik
        • Pemutus sirkuit
        • Bingkai ringan
        • Papan distribusi

    Jenis burbar tembaga


    Saat ini ada dua kategori busbar tembaga yang tersedia: berinsulasi dan tidak berinsulasi.

    Yuk, ketahui ciri-cirinya masing-masing:


    Busbar Tembaga Terisolasi


    Busbar tembaga berinsulasi adalah model teraman untuk digunakan dalam distribusi listrik, yang berarti produk ini lebih efektif dalam mencegah terjadinya korsleting.


    Dengan cara ini, palang menawarkan keamanan maksimum bagi siapa pun saat menangani panel listrik, yang menjadikannya pilihan yang bagus untuk sebagian besar perusahaan.


    Aplikasi ini dibuat hanya di sirkuit listrik. Batang tembaga berinsulasi memiliki insulasi 1KV dan menggunakan PU kaku tahan api – ditambah fitur yang bermanfaat jika terjadi korsleting.


    Oleh karena itu, bagian-bagian yang menerima aksi arus listrik benar-benar terisolasi, memenuhi perannya secara efisien melalui tembaga, tetapi menjamin keselamatan mereka yang terlibat dalam proses tersebut.


    Tetapi bagaimanapun juga, bagaimana dalam praktiknya Anda membuat busbar tembaga berinsulasi?


    Ada tiga cara berbeda untuk membuat bilah ini:

      1. Dengan menggunakan batangan terisolasi untuk perakitan lapangan;
      2. Batang terisolasi dengan desain dengan lekukan dan pengencang;
      3. Busbar berinsulasi dengan peralatan yang sudah dirakit, dalam hal ini busbar dapat dipasang pada komponen yang sudah beroperasi. 


    Busbar Tembaga Non-Terisolasi


    Batang tembaga tidak berinsulasi mampu menghantarkan arus listrik dalam jumlah besar, dan karena alasan ini, batangan ini terutama dipasang di lingkungan yang tidak bergantung pada penanganan dan kehadiran manusia yang sering.


    Di bar jenis ini, hanya profesional khusus yang berwenang untuk melakukan layanan, karena mereka mampu dan terlatih untuk bekerja sesuai dengan standar keselamatan yang diperlukan untuk pekerjaan itu.


    Busbar Netral dan Ground


    Masih ada batang netral dan batang tipe ground, yang digunakan untuk kebutuhan khusus untuk setiap jenis konduktor yang disebutkan di atas.


    Mereka penting untuk menjamin keselamatan, karena mereka mencegah korsleting lebih mudah terjadi dan membakar seluruh instalasi listrik, yang dapat membahayakan semua keselamatan di lingkungan dan bahkan menyebabkan kebakaran tergantung pada pelepasan listrik dan jenis lingkungan dan kondisinya.


    Secara praktis, batang-batang ini membawa ke tanah kemungkinan kebocoran muatan listrik. Tipe netral, misalnya, menggunakan kabel terminal untuk menghubungkan titik nol dari setiap rangkaian, yaitu pada titik di mana ada perbedaan potensial antara fase panel.


    Sifat Karakteristik Tembaga


    Ada beberapa alasan penggunaan tembaga dalam desain listrik, daripada bahan lainnya. Karakteristik yang mendukung pilihan ini tercantum di bawah ini:

        • Pada suhu kamar berbentuk padat;
        • Kepadatan 8,94 g/cm3;
        • Titik lebur 1084,62 °C;
        • Titik didih 2562 °C;
        • Kemudahan dipindahkan dari satu tempat ke tempat lain;
        • Dapat digunakan kembali;
        • Penghantar panas dan listrik yang sangat baik.

    Sebagian besar logam digunakan untuk produksi kabel listrik, telepon, penerangan, dan tentu saja di busbar tembaga itu sendiri. 


    Apakah Anda tertarik pada bagaimana tembaga dapat berguna dalam memastikan keamanan dan efisiensi bekerja dengan listrik? kliklistrikl mendistribusikan batangan datar tembaga, yang memiliki banyak aplikasi, termasuk Busbar. Hubungi tim kami untuk membuat penawaran!

    BusBar Machine

    LihatTutupKomentar