google.com, pub-4356088970782512, DIRECT, f08c47fec0942fa0 Ukuran Kabel Instalasi Listrik Rumah Standar PLN
google.com, pub-4356088970782512, DIRECT, f08c47fec0942fa0

Ukuran Kabel Instalasi Listrik Rumah Standar PLN

    Tiap jenis ukuran kabel juga memiliki nilai standar tegangan yaitu., tegangan menengah, tegangan tinggi, tegangan rendah, Untuk standar ukuran kabel rumah tinggal atau ukuran kabel instalasi listrik rumah tinggal, kita dapat menggunakan kabel yang nilai rate tegangan rendah ( low voltage ) yakni 50 Volt sampai 1000 Volt saja.


    Ukuran Kabel Instalasi Listrik Rumah

    Untuk ukuran kabel pemasangan instalasi listrik rumah tinggal kita dapat memilih sesuai puil ( persyaratan umum intalasi listrik ) demi menjaga kendalan dan kesehatan kabel rumah , kalau kita menuruti standar umum intalasi listrik rumah tinggal kabel dalam jangka kurang dari 10 tahun harus atau wajib diganti baru atau ditarik ulang untuk mencegah hal - hal yang tidak diinginkan.


    Ukuran kabel instalasi listrik rumah standar PLN sangat disarankan sebagai pilihan utama ketika membuat instalasi listrik rumah. Kabel yang tepat dan memiliki kualitas bagus tentu saja akan dapat menghindari berbagai masalah nantinya.


    Perlu diketahui karena banyak sekali kita salah memilih kabel bahkan salah dalam membeli kabel yang terdapat  dobel termoplastik atau doubel isolator, kabel doubel isolator?


    Jelas hal ini adalah ketidaktahuan atau kurang memahami sesorang dalam memilih dan menentukan ukuran kabel serta jenis kabel yang layak digunakan untuk  instalasi listrik rumah, atau perumahan.


    Cara Mengetahui  Ukuran Kabel Instalasi Listrik Rumah Standar PLN


    Terdapat berbagai macam ukuran dan warna kabel listrik yang ada di pasaran. Kebanyakan rumus atau kode yang sering kita jumpai adalah seperti tertera dibawah ini:

    • 1 X 1,5mm; 
    • 1 X 2,5mm; 
    • 2 X 1,5mm; 
    • 2 X 2,5mm; 
    • 3 X 2,5mm. 

    Angka sebelum simbol “x” menunjukkan jumlah kabel yang ada di dalam pembungkus kabelnya, angka "1" biasanya terdapat pada jenis kabel NGA. Sedangkan untuk angka "2" dan "3" terdapat pada jenis kabel NYM, NYA, atau NYY.


    Untuk angka di angka di belakang simbol “x” merupakan luas penampang kabelnya, sehingga angka 2,5 mm tersebut memiliki arti bahwa di dalam pembungkus kabel tersebut terdapat kabel dengan luas penampang masing-masing 2,5 mm.


    Memang kabel berjenis dobel isolator bagus atau kabel NYM bisa digunakan untuk rumah atau lainya. Tapi ketika untuk pemasangan instalasi rumah pada saklar dan stop kontak tanam apakah bisa masuk ke lobang pipa PVC? kabel jenis NYM ini lebih kepada untuk instalasi bagian diluar.

    Jadi kabel yang seperti apa yang akan kita gunakan untuk instalasi listrik rumah?


    Dalam penggunaan kabel listrik rumah tinggal untuk instalasi pemasangan alat kelistrikan seperti saklar, stop kontak kita harus mengetahui beberapa ukuran kabel yang akan kita gunakan. Agar kita tidak salah dalam menentukan  atau memilih kabel untuk pemasangan instalasi listrik rumah.


    Kabel seperti yang kita ketahui sebagai penghantar listrik dari sumber listrik PLN ke peralatan listrik atau perangkat pengguna yang membutuhkan aliran listrik agar dapat bekerja, hal ini perlu membutuhkan  kabel guna menyalurkan arus listrik ke peralatan listrik.


    Untuk dapat memilih ukuran kabel yang tepat, ikuti berbagai cara berikut ini dalam memilih kabel yang tepat.

    1.Perhatikan Kapasitas Listrik kWh

    Berikut kapasitas yang disediakan PLN untuk konsumen rumah tangga dengan tegangan 220 Vac:

    • 450 VA = 2A 
    • 900 VA = 4A
    • 1300 VA = 6A
    • 2200 VA = 10A 

    Kapasitas inilah yang paling banyak digunakan atau dipakai oleh konsumen Indonesia. Semakin besar kabel maka semakin besar juga ampere tetapi ini berlaku untuk tegangan 220 V dan 380 V.


    2 Menentukan Kabel Instalasi Listrik Berdasarkan kapasitas VA

    Dengan menggunakan kapasitas VA, anda akan bisa menentukan ukuran kabel listrik yang akan digunakan dalam instalasi listrik rumah.

    • Kapasitas 450 VA Ketika rumah anda memiliki kapasitas kWh meter sebesar 450 VA yang setara dengan 2 Ampere, maka kabel dengan ukuran 1.5mm2  sudah sangat cukup. Dikarenakan kapasitas kabel tersebut adalah 17 Ampere. 
    • Kapasitas 900 VA Sama halnya dengan kWh kapasitas 450 VA menggunakan ukuran kabel 1.5mm2 sudah sangat cukup melihat kapasitasnya yang mencapai 17 Ampere.
    • Kapasitas 1300 VAKabel 1.5mm2 masih cukup untuk kWh meter sebesar 1300 VA yang setara dengan 6A. Namun Anda bisa juga menggunakan kabel 2.5mm2 agar kabel semakin awet.
    • Kapasitas 2200 VASangat disarankan menggunakan kabel 2.5mm2 untuk kapasitas 2200 VA, menjaga agar kabel tidak terlalu panas nantinya.

    Mencari kabel yang berbahan konduktor dan bahan isolator terbaik


    Konduktor 


    Seperti yang kita ketahui konduktor merupakan inti dari suatu kabel yang berbahan tembaga atau aluminium, 


    Semakin baik suatu bahan konduktor semakin baik juga arus listrik mengalir kata ini biasanya lebih dikenal dengan kuat hantar arus ( KHA )


    Isolator


    Isolator kabel adalah suatu alat kabel lebih kepada pembungkus atau sebagai media menjaga kabel agar terlindung dari temperatur suhu naik turun cuaca.



    Isolator lebih dikenal dengan bagian kabel yang tidak menghantarkan arus listrik, isolator pada kabel terdiri juga pada bagian inti dan bagian luar pada kabel, pada bagian luar isolator kabel seperti penjelasan di atas dan bagian dalam isolator kabel berfungsi membungkus kawat atau membungkus inti kabel tembaga dari hubungan singkat antara phase dan netral.



    Kabel NYA atau kabel listrik rumah tinggal standart PLN (perusahaan listrik negara)  adalah jenis kabel berinti tunggal, yang dilapisi satu termoplastik ( 1 isolator ), ukuran kabel untuk instalasi listrik rumah tinggal adalah 1.5 mm dan 2,5 mm.

    Berikut adalah beberapa jenis kabel listrik untuk instalasi listrik di rumah yang dapat Anda pilih:


    1. Kabel NYA

    Jenis kabel NYA adalah salah satu jenis yang sering digunakan untuk instalasi listrik rumah tangga. Ukurannya yang kecil, sekitar 1.5mm, membuat jenis kabel listrik ini cocok untuk digunakan sebagai kabel instalasi lampu dan juga stop kontak.



    Dari segi fisik, tipe kabel listrik ini memiliki inti kabel tunggal dan lapisan PVC dan tersedia dalam berbagai jenis warna; merah, hitam, biru, kuning.

    Sayangnya, ukurannya yang tipis serta lapisan PVC yang tidak terlalu kuat membuat jenis kabel listrik ini mudah digigit tikus serta tidak tahan air.


    2. Kabel NYM

    Model kabel ini merupakan jenis kabel yang sering digunakan sebagai kabel instalasi listrik rumah dan juga gedung. Kabel NYM memiliki sifat yang tahan air, namun jenis kabel ini tidak boleh ditanam.



    Dari segi fisik, model kabel instalasi ini memiliki 1 hingga 4 inti kabel dengan lapisan PVC. Kabel NYM memiliki lapisan PVC yang lebih kuat sehingga dapat berfungsi lebih baik dan tahan lama ketimbang kabel NYA.



    3. Kabel NYY

    Model kabel NYY bisa dibilang sebagai kabel untuk instalasi di bawah tanah. Kabel ini memiliki lapisan yang lebih tebal serta tidak disukai tikus serta memiliki jumlah inti yang lebih banyak.



    4. Kabel NYAF

    Tipe kabel NYAF adalah salah satu kabel instalasi yang memiliki fleksibilitas tinggi.  Kabel ini memiliki penghantar tembaga serta lapisan PVC yang sangat cocok sebagai kabel instalasi listrik berbagai jenis panel di rumah .


    5. Kabel NYFGbY

    Jika Anda masih merasa kabel NYY masih belum cukup memenuhi kebutuhan instalasi listrik bawah tanah rumah Anda, maka model kabel NYFGbY dapat menjadi alternatif buat Anda.

    Kabel berukuran 2,5 mm2 di gunakan untuk stop kontak rumah dan 1, 5 mm2 untuk lampu. Bisa dipahami.Karena stop kontak atau jalur penghantar dari sumber ke stop kontak yang digunakan untuk beban wajib memiliki tahanan.

    LihatTutupKomentar