google.com, pub-4356088970782512, DIRECT, f08c47fec0942fa0 Cara Penggunaan Tespen DC yang pakai Kabel
google.com, pub-4356088970782512, DIRECT, f08c47fec0942fa0

Cara Penggunaan Tespen DC yang pakai Kabel

    Fungsi dan cara kerja Tespen dc

    Tespen merupakan alat yang sangat penting bagi para teknisi listrik maupun montir untuk mengecek komponen kelistrikan kabel, aki, hingga komponen listrik DC lain.


    Fungsi Tespen adalah mengecek aliran listrik di suatu komponen, seperti rangkaian listrik di rumah secara umum, sedangkan tespen DC berfungsi untuk mengecek aliran listrik DC atau satu arah.


    Tespen DC


    Tespen sendiri biasanya dibagi dalam 2 jenis yakni tespen AC dan juga tespen DC.Cara penggunaan tespen DC dan AC berbeda, hal tersebut mengacu pada bentuk tespen dan juga aliran listrik yang hendak dicek.


    Cara kerja Tespen dc


    Cara kerja tespen DC sangat sederhana,Lampu indikator tespen akan menyala disaat kedua ujung tespen terhubung dengan arus muatan (+) dan (-) pada suatu rangkaian DC.


    Cara mudah untuk mengetahuinya adalah dengan menggunakan aki.disaat ujung tespen kutub (+) dan (-) terhubung dengan aki, maka lampu akan menyala. berikut step by step ya


    1. Sambungkan Kabel Ke Tespen DC Tespen DC biasanya memiliki kabel, meski ada juga tespen yang lebih canggih yang tidak menggunakan kabel tapi menggunakan baterai.Kabel ini hanya punya 1 jalur dan tinggal kita colokan saja ke bagian atas dari tespen.
    2. Jepitkan Kabel Tespen Di ujung kabel tespen DC ada penjepit buaya, kita tinggal jepitkan saja jepitan tersebut pada komponen. INGAT, jika ingin mengecek arus positif, maka jepitkan tespen DC ke komponen ground atau negatif, bisa di kutub aki negatif atau ke rangka bodi.
    3. Sedangkan jika kita ingin mengecek arus negatif, maka kita jepitkan tespen di bagian komponen berarus positif seperti kutub positif aki atau kabel lain berarus positif.Ingat bahwa tespen DC akan menyala ketika ada arus, nyalanya tespen DC terhitung jika arus positif dan negatif terisi ke tespen. Jadi jika kita tempelkan jepitan tespen ke kutub positif aki lalu kita cek kabel positif, maka tespen tidak akan menyala, begitu juga jika itu dilakukan pada kutub negatif.
    4. Cek Komponen Yang Diduga Rusak Selanjutnya adalah jika kita sudah benar menjepitkan jepit buaya tespen DC, maka langkah berikutnya adalah menyusuri komponen yang diduga rusak. kita tinggal sentuhkan saja bagian ujung besi tespen pada komponen tersebut.

    Merek Tespen Dc paling bagus


    HASSTON 2252-011 Obeng Tespen DC - Tespent aki Voltage Tester

    • Merk : HASSTON
    • Untuk test tegangan DC : 6V - 24V
    • Kualitas dijamin bagus & kabel panjang max 70 cm
    • Arus listrik rendah 20-30 miliampere
    • Kelebihan lain Tespen DC adalah bolak-balik ( positif atau negatif ) tetep berfungsi.

    Lippro tespen aki DC 12V otomotif testpen accu

    • Digital display tester / tespen aki 12V

    Obeng Tespen AC tes pen listrik Sellery 110-500v

    TESPEN DC NANKAI TESTPEN TEST PEN LISTRIK DC MOBIL AKI 6V 12V 24V GTS

    • Kelebihan lain Tespen DC adalah bolak-balik ( positif atau negatif ) tetep berfungsi.
    • Untuk test tegangan DC 6v - 12v - 24v
    • Bonus sekering lampu 1 pcs ( buat cadangan apabila lampu mati ).
    • Kualitas di jamin bagus & kabel spiral.

    Tekiro Testpen DC Tespen untuk Motor 12v Cek Arus Aki Motor Mobil

    • Brand : Tekiro
    • Item code : AU-VT1061

    BLITZ OBENG TESPEN DC 6V-24V AUTO VOLTAGE TESTER AKI TESTPEN KABEL

    • Ukuran : 6V-24V

    TESPEN AKI DC 12V KENTARO - ELECTRIC TESTER 12V

    • merk Kentaro
    • Cutting bar made of high quality steel
    • ABS transparent handle
    • Suitable for vehicle and machine repairing
    • Tespen Aki DC 6 V-12 V-24 V Kabel Fleksibel max 150 cm plus sekring


    Tespen akan menyala jika arus mengalir, pastikan nyala tespen terang dan stabil. Sebab jika nyalanya redup dan tidak stabil, bisa jadi komponen tersebut sudah mulai rusak (belum rusak total).


    Lalu jika lampu tespen tidak menyala padahal pemasangan jepitan buaya sudah benar, maka patut diduga komponen tersebut tidak teraliri listrik atau pun rusak.

     

    Biasanya pada tespen, warna lampu akan ada 2, di mana jika nyala lampunya merah, maka arus tersebut adalah positif, sedangkan jika nyala lampunya hijau, maka itu adalah arus negatif.


    Sebelum mengunakan tespen dc,baik nya membaca spesifikasi tegangan tespen tersebut.contoh kasus kali ini tertulis 6-24V DC yang artinya tespen tersebut bisa digunakan pada tegangan DC 6-24 volt.


    Sebagai informasi, pada kendaraan (sepeda motor dan mobil kecil) sekarang lazimnya menggunakan tegangan 12 volt, sementara tegangan 24 volt lazim digunakan pada kendaraan besar seperti bus atau truk. Tegangan 6 volt biasanya dijumpai pada sepeda motor keluaran lama.

    LihatTutupKomentar